MANAJEMEN OPERASIONAL DANA WAKAF UANG DI KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020

Muh Rizwal Padwiansyah, NIM.: 17102040002 (2021) MANAJEMEN OPERASIONAL DANA WAKAF UANG DI KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN OPERASIONAL DANA WAKAF UANG DI KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN OPERASIONAL DANA WAKAF UANG DI KANTOR AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) CABANG DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen operasional di kantor Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi atas kurang masifnya pendistribusian terutama dana wakaf uang kepada daerah-daerah yang membutuhkan justru dana wakaf uang ini kemudian hanya didistribusikan kepada bagian infrastruktur yang belum tentu dirasakan oleh semua masyarakat. Dalam hal ini menjadi acuan pertama adalah perihal manajemen operasional dan juga metode fundraising yang digunakan sehingga akan terdapat celah bagian mana yang perlu diperbaiki ataupun perlu untuk ditingkatkan. Pada sektor fundraising sendiri berfokus pada tiga hal penghimpunan, pengelolaan, dan pendistribusian yang perlu diperjelas agar membuat lembaga menjadi lebih baik dan juga mendapat perhatian masyarakat sehingga masyarakat lebih tertarik untuk memberikan dana wakaf kepada lembaga pengelola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosial-empiris, yang berlaku pada sejumlah variasi, situasi, dan kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui studi lapangan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori manajemen operasional yang dikemukakan Jay heizer dan Barry render. Hasil penelitian ini adalah lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengikuti dan memenuhi kriteria Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku dan berjalan dengan baik akan tetapi perlu perbaikan yang lebih signifikan. Lembaga juga telah menerapkan sembilan dari sepuluh keputusan manajemen operasional yang ada pada teori manajemen operasional. Teori yang digunakan berjalan dengan baik akan tetapi lebih baik lagi jika sepuluh keputusan manajemen operasional diterapkan lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga saling berkesinambungan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Mokhammad Nazili, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Operasional, Wakaf Uang, Aksi Cepat Tanggap (ACT)
Subjects: Manajemen Dakwah
Wakaf
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 14:15
Last Modified: 11 Nov 2021 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum