MANAJEMEN RANTAI NILAI HALAL PADA BADAN USAHA MILIK PESANTREN AL MUMTAZ KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Indra Gunawan, NIM.: 17102040056 (2021) MANAJEMEN RANTAI NILAI HALAL PADA BADAN USAHA MILIK PESANTREN AL MUMTAZ KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN RANTAI NILAI HALAL PADA BADAN USAHA MILIK PESANTREN AL MUMTAZ KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN RANTAI NILAI HALAL PADA BADAN USAHA MILIK PESANTREN AL MUMTAZ KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102040056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguraikan penerapan manajemen rantai nilai halal berbasis pesantren pada BUMP Al Mumtaz Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data berupa hasil interview dan buku, jurnal, majalah, foto dokumentasi, dan dokumen sejenisnya yang relevan dengan penelitian. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberment, dan Saldana dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan BUMP Al Mumtaz telah menerapkan manajemen rantai nilai halal yang efektif dan efisien sebagai strategi keunggulan kompetitif. Adanya sinergi antara aktivitas pendukung dan aktivitas utama telah menciptakan produk yang unggul pada BUMP Al Mumtaz Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, penjaminan produk halal telah teroptimalkan dengan adanya aktivitas halal dalam manajemen rantai nilai halal yang diimplementasikan.Penelitian ini bertujuan menguraikan penerapan manajemen rantai nilai halal berbasis pesantren pada BUMP Al Mumtaz Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field-research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data berupa hasil interview dan buku, jurnal, majalah, foto dokumentasi, dan dokumen sejenisnya yang relevan dengan penelitian. Uji keabsahan data penelitian ini yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles, Huberment, dan Saldana dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan BUMP Al Mumtaz telah menerapkan manajemen rantai nilai halal yang efektif dan efisien sebagai strategi keunggulan kompetitif. Adanya sinergi antara aktivitas pendukung dan aktivitas utama telah menciptakan produk yang unggul pada BUMP Al Mumtaz Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, penjaminan produk halal telah teroptimalkan dengan adanya aktivitas halal dalam manajemen rantai nilai halal yang diimplementasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Maryono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Industri Halal, Manajemen, Rantai Nilai Halal, Dan Pesantren.
Subjects: Manajemen Dakwah
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 15:02
Last Modified: 11 Nov 2021 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum