STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE DI TAMAN BUNGA KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad Hazel Zufar, NIM.: 17102040079 (2021) STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE DI TAMAN BUNGA KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE DI TAMAN BUNGA KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102040079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI COMPETITIVE ADVANTAGE DI TAMAN BUNGA KOTAGEDE YOGYAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17102040079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Competitive advantage atau keunggulan bersaing merupakan suatu posisi yang harus dicapai bila ingin bertahan dalam persaingan ketat para pelaku usaha. Menyediakan produk bermutu, layanan yang berkualitas, variasi produk yang memanjakan pilihan pelanggan, ketersediaan produk dan keunggulan harga merupakan keadaan yang membuat perusahaan lebih unggul dibanding pesaing dalam berkompetisi.. Taman Bunga merupakan toko busana muslim dan perlengkapan Haji dan Umrah yang sudah berdiri cukup lama di Kotagede, Yogyakarta. Dikarenakan wabah virus Covid-19 membuat pelaku bisnis busana muslim sampai ke bidang haji dan umrah mengalami kemerosotan pendapatan termasuk Taman bunga Kotagede Yogyakarta, untuk mengatasi masalah dan situasi yang terjadi perlu adanya upaya lebih untuk meningkatkan jumlah konsumen sehingga mampu mengatasi situasi yang diakibatkan wabah virus Covid-19. Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh Taman Bunga dan juga untuk mengetahui competitive advantage dengan teori analisis lima kekuatan bersaing Michael Porter pada Taman Bunga untuk meningkatkan jumlah konsumen pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian menunjukan upaya yang dilakukan oleh toko Taman Bunga Kotagede dalam menerapkan strategi fokus biaya rendah yang sangat membantu reseller eceran, untuk strategi diferensiasi dengan mengandalkan mukena, Taman Bunga telah berupaya semaksimal mungkin agar produknya berbeda dengan merek lain, namun pada kenyataanya masih sulit dibedakan dengan produk lain. Taman Bunga menekankan pelayanan yang maksimal dan juga mengatur jam kerja karyawan sehingga mampu bertahan dalam situasi pandemi covid-19. Melalui analisi lima kekuatan bersaing Michael Porter yang terdapat pada Taman Bunga Kotagede Yogyakarta menunjukan bahwa tiap-tiap point memiliki kesinambungan yang sangat bermanfaat dalam membaca situasi pasar sehingga dapat menentukan strategi yang cukup efektif untuk menghadapi para pesaing yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sofi’unnafi, M. M.
Uncontrolled Keywords: Strategi, Competitive advantage, Taman Bunga
Subjects: Covid-19
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2021 15:12
Last Modified: 11 Nov 2021 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46617

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum