MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA KOTA YOGYAKARTA

Urip Mubarokah, NIM.: 17102040102 (2021) MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA KOTA YOGYAKARTA)
17102040102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENYALURAN DANA ZAKAT MELALUI PROGRAM PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA LEMBAGA ZAKAT DOMPET DHUAFA KOTA YOGYAKARTA)
17102040102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui beberapa tahap yaitu : pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen penyaluran dana zakat pada Lembaga Zakat Dompet Dhuafa sudah dilakukan dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam pengelolaan sumber dana zakatnya. Dana yang berhasil dihimpun oleh amil zakat nantinya akan disalurkan ke program-program yang ada di Dompet Dhuafa. Metode penyaluran dana zakat terbagi menjadi dua yaitu konsumtif dan produktif. Program ekonomi adalah program yang penyalurannya bersifat produktif atau pemberdayaan, sasaran dari program ini yaitu fakir/miskin memiliki usaha dan dalam usia produktif mau dibantu, Dompet Dhuafa menyalurkan dana zakat dengan dua sistem yaitu qardhul hasan dan hibah. Penyaluran dana zakat yang diberikan yaitu berupa barang, modal dan pendampingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hikmah Endraswati, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Penyaluran, Ekonomi, Dompet Dhuafa, Yogyakarta.
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Manajemen
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 09:20
Last Modified: 15 Nov 2021 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum