MANAJEMEN PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN HAJI DAN PENGEMBALIAN SETORAN AWAL BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2020

Hiya Fadhilatul ‘Ulya, NIM.: 17102040111 (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN HAJI DAN PENGEMBALIAN SETORAN AWAL BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2020. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN HAJI DAN PENGEMBALIAN SETORAN AWAL BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2020)
17102040111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN PEMBATALAN PENDAFTARAN HAJI DAN PENGEMBALIAN SETORAN AWAL BIAYA PERJALANAN IBADAH HAJI (Bipih) REGULER DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH TAHUN 2020)
17102040111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Lamanya masa tunggu keberangkatan haji disusul dengan adanya pandemi covid-19 yang tidak ada pemberangkatan haji, maka antrian keberangkatan haji bertambah panjang. Sehingga terdapat jemaah haji yang membatalkan pendaftarannya, disamping alasan lain seperti wafat atau alasan kesehatan dan alasan lainnya yang sah. Dalam pelayanan pembatalan pendaftaran dan pengembalian setoran awal Biaya Perjalanan Ibadah haji (Bipih), diperlukan manajemen pelayanan yang baik, sehingga tidak akan terjadi permasalahan yang tidak diinginkan, karena masih ditemukan sebagian jemaah haji yang mengeluh dikarenakan tidak ramahnya petugas dan prosedur pelayanan yang dianggapnya membingungkan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa Manajemen Pelayanan Pembatalan Haji dan Pengembalian Setoran Awal Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) Reguler Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Jawa Tengah Tahun 2020 sudah terlaksana dengan baik . Dibuktikan dengan telah dilaksanakannya pelayanan sesuai prosedur, prinsip dan standar penyelenggaraan pelayanan yang diamanatkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku Namun masih ada beberapa hal yang belum dilakukan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Purworejo Seksi PHU antara lain penyusunan petunjuk teknis pelayanan, belum menyediakan loket atau kotak pengaduan untuk menampung pengaduan dari masyarakat serta sarana prasarana pelayanan bagi disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Noor Hamid, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pelayanan, Pembatalan,Pendaftaran, Haji Reguler.
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 09:23
Last Modified: 15 Nov 2021 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum