PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)

Duwi Lestari, NIM.: 17102050002 (2021) PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
17102050002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK DENGAN AUTISME DI KOTA YOGYAKARTA (STUDI KASUS KECAMATAN UMBULHARJO, KOTA YOGYAKARTA, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA))
17102050002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penerimaan orangtua sangat mempengaruhi perkembangan anak autisme di kemudian hari. Dengan adanya penerimaan orang tua terhadap anaknya yang mengalami autisme dapat mendorong tumbuh dan berkembang sang anak dan aktivitas anak tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dengan wawancara mendalam kepada tiga pasangan orang tua yang memiliki anak dengan autisme ringan, sedang dan berat, observasi dan dokumentasi. Penetapan subjek menggunakan strategi snowball sampling. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penerimaan orang tua terhadap anak dengan autisme di Kota Yogyakarta khususnya Kecamatan Umbulhrajo. Hasil penelitian menunjukkan ketiga pasangan orangtua pada umumnya menerima dan memahami kondisi anak yang mengalami autisme. Penerimaan orangtua yang memiliki anak dengan autisme adalah dengan menerima kenyataan bahwa anaknya autis, memahami kondisi anak, memahami kebiasaan-kebiasaan anak, membentuk ikatan batin dan mengupayakan kesembuhan. Selain itu faktor yang mendasari penerimaan orangtua adalah konsep anak idaman, dukungan dari keluarga besar, kemampuan keuangan keluarga, latar belakang agama yang kuat, tingkat pendidikan dan sikap masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Andayani, S.IP, MSW
Uncontrolled Keywords: Penerimaan, Orang Tua, Autisme
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 10:10
Last Modified: 15 Nov 2021 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum