UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SELANEGARA, KECAMATAN SUMPIUH, KABUPATEN BANYUMAS

Latifah, NIM.: 17102050023 (2021) UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SELANEGARA, KECAMATAN SUMPIUH, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SELANEGARA, KECAMATAN SUMPIUH, KABUPATEN BANYUMAS)
17102050023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DI DESA SELANEGARA, KECAMATAN SUMPIUH, KABUPATEN BANYUMAS)
17102050023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan sebuah program untuk percepatan penanggulangan kemiskinan sekaligus pengembangan kebijakan dalam bidang perlindungan sosial untuk memberi perlindungan bagi Rumah Tangga Sangat Miskin (RSTM) di bidang pendidikan dan kesehatan. PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat yang ditujukan kepada Keluarga Miskin (KM) yang ditetapkan sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Jumlah penerima PKH di Kabupaten Banyumas mencapai 97.000 KPM pada tahun 2020 yang juga menerima bantuan sembako yang disebut BPNT (Bantuan Panan Non Tunai), untuk Desa Selanegara memiliki 356 KPM PKH. Penerima PKH diantaranya adalah balita, anak sekolah SD, SMP, SMA/ Sederajat, disabilitas berat dan lansia. Sedangkan besaran nominal yang diterima berbeda-beda. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) di Desa Selanegara Kecamatan Sumpiuh Kabupaten Banyumas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kesejahteraan, kemiskinan, masyarakat, dan perlindungan sosial. Sedangkan metode yang digunakan adalah kualitatif diskriptif, teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi Hasil penelitian ini adalah PKH memberikan peningkatan kesejahteraan para KPM berdasarkan teori kesejahteraan sosial, perindungan sosial, masyarakat dan kemiskinan, melalui pemberian bantuan tunai lewat ATM, BPNT, dan adanya KUBE sehingga dari hal tersebut dapat mencapai banyak indikator kesejahteraan yang terpenuhi seperti yang ada di dalam teori tersebut. Namun ada juga keluarga yang tidak mengalami peningkatan kesejahteraan dengan adanya bantuan PKH karena faktor pola pikir dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Idan Ramdani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH).
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 10:15
Last Modified: 15 Nov 2021 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46638

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum