PENGELOLAAN KOPERASI SERBA USAHA TRISNO SAPODO DI KALURAHAN BLEBERAN, KAPANEWON PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Muriza Nadia Windianik, NIM.: 17102050030 (2021) PENGELOLAAN KOPERASI SERBA USAHA TRISNO SAPODO DI KALURAHAN BLEBERAN, KAPANEWON PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KOPERASI SERBA USAHA TRISNO SAPODO DI KALURAHAN BLEBERAN, KAPANEWON PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
17102050030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KOPERASI SERBA USAHA TRISNO SAPODO DI KALURAHAN BLEBERAN, KAPANEWON PLAYEN, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
17102050030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Reformasi Total Koperasi yang dilaksanakan oleh Kabupaten Gunungkidul dengan cara terus memberikan penilaian rutin dan perbaikan manajemen data kepada semua koperasi aktif di Gunungkidul. Salah satu koperasi yang mendapat penilaian rutin dari Dinas Koperasi dan UKM Gunungkidul adalah KSU Trisno Sapodo, yang telah mendapat predikat koperasi baik dan sehat. Selain itu koperasi di Gunungkidul yang pada umumnya berada di lingkungan pedesaan bertujuan untuk menggerakkan perekonomian warganya seperti halnya dengan KSU Trisno Sapodo yang mempunyai tujuan sama. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengelolaan KSU Trisno Sapodo. Rumusan masalah dari penelitian ini yakni bagaimana pengelolaan KSU Trisno Sapodo ? Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Selain itu teknik analisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Koperasi Serba Usaha Trisno Sapodo menyelenggarakan pengelolaan lembaga dengan terbuka. Sistem tata kelola terbuka ini dilihat dengan menggunakan pendekatan tiga pilar Teori Kelembagaan Baru yakni adanya aturan-aturan dari kesepakatan bersama yang penerapannya menggunakan gaya kepemimpinan demokratis (regulative pillar) dan adanya keterbukaan ini dirasakan langsung oleh anggota-anggotanya (normative pillar). Hal ini didukung dengan tidak adanya tuntutan untuk lebih terbuka dari anggota KSU Trisno Sapodo terhadap pengurus dalam menjalankan pengelolaannya (cultural-cognitive pillar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aryan Torido, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Koperasi, Kelembagaan Baru, Gaya Kepemimpinan
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Koperasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 10:21
Last Modified: 15 Nov 2021 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46640

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum