ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Itsna Rahmah Nurdiani, NIM.: 17102050059 (2021) ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102050059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ENGAGEMENT KOMUNITAS SEKOLAH MARJINAL DI PERKAMPUNGAN PEMULUNG, KLEDOKAN, DEPOK, SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
17102050059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemulung sering kali dianggap sebagai kelompok kelas rendah yang miskin, serta dianggap memiliki pendidikan rendah yang membuat mereka memiliki stereotipe bodoh dan terbelakang. Di Yogyakarta terdapat Komunitas Sekolah Marjinal (KSM) yang berdiri sejak 10 November 2019 bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan memberikan pendidikan gratis kepada anak-anak yang termarjinalkan. Tentunya, proses engagement yang dilakukan sangat mempengaruhi hasil yang akan didapatkan KSM dalam menjalankan programnya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan metode yang digunakan KSM dalam melakukan kegiatan engagement dengan warga perkampungan pemulung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian yaitu seseorang yang berhubungan langsung dengan KSM meliputi Relawan, Pengurus, Founder dari Komunitas Sekolah Marjinal, Wali Murid, Siswa-Siswi dari Sekolah Marjinal. Sedangkan objek penelitian peneliti meliputi engagement yang dilakukan KSM dengan warga pemulung Kledokan di Perkampungan Pemulung Kledokan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Dalam pengujian data menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait engagement yang dilakukan KSM dengan Warga Perkampungan Pemulung Kledokan yaitu: pada tahap Receptivity KSM sangat minim antusias dan dukungan dari Warga Kledokan, dalam membangun trust KSM melakukan pendekatan secara kontinu selain itu KSM juga aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan Warga Kledokan. Selanjutnya, pada tahap ecxpectancy KSM melakukan treatment secara emosional, kultural, dan persuasif. Selanjutnya, pada tahap investasi KSM melibatkan Warga Kledokan dalam struktur kepengurusan Sekolah Marjinal. Terakhir, pada tahap Working Relationship komunikasi yang dilakukan KSM yaitu Komunikasi Persuasif, mengajak dan membujuk dengan cara yang halus. Adapun penemuan bahwa Proses engagement KSM dalam membangun kepercayaan terus dilakukan meski proses perubahan (kegiatan intervensi) sedang berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Noorkamilah, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Engagement, Komunitas Mengajar, Komunitas Sosial, Pemulung, Marjinal.
Subjects: Pendidikan
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 11:06
Last Modified: 15 Nov 2021 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46655

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum