RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DESA SEMAYA, KELOMPOK 6, KAB PEMALANG)

Aini Rias Pratiwi, NIM.: 17102050071 (2021) RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DESA SEMAYA, KELOMPOK 6, KAB PEMALANG). Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DESA SEMAYA, KELOMPOK 6, KAB PEMALANG))
17102050071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PEREMPUAN SINGLE PARENT SEBAGAI KEPALA KELUARGA DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI DI DESA SEMAYA, KELOMPOK 6, KAB PEMALANG))
17102050071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi atas fenomena yang relevan saat ini yaitu adanya pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia terutama di negara Indonesia dan berdampak pada segala lapisan masyarakat, tidak terkecuali para perempuan yang memiliki peran sebagai single parent atau orang tua tunggal. Mereka harus menghadapi peran ganda di dalam rumah tangga di kondisi yang serba sulit saat ini. Penelitian dilakukan di Desa Semaya kelompok 6, Kabupaten Pemalang dengan metodelogi penelitian berjenis kualitatif deskriptif, teori yang digunakan adalah teori resiliensi. Pengertian resiliensi secara garis besar adalah kemammpuan atau daya lenting individu dalam menghadapi permasalahan maupun kondisi yang sulit. Rumusan masalah yang dipakai dalam penelitian ini adalah bagaimana para perempuan single parent sebagai kepala keluarga dapat bersisiliensi utamanya di masa Pandemi covid-19 ini. Observasi sudah dilakukan sejak tahun 2020, untuk pengambilan data berupa wawancara dan dokumentasi dilakukan pada bulan Maret 2021 hingga bulan Juni 2021. Karena pada kondisi ini para single parent harus bekerja lebih keras dalam proses resiliensi karena hambatan seperti kondisi ekonomi yang menurun pasca adanya pandemi Covid-19. Hasil penelitian para single parent mampu beresiliensi dengan baik. 2 dari 5 informan single parent memiliki level resiliensi berkembang secara pesat, dan 3 lainnya masih dalam tahap pemulihan. Perbedaan level resiliensi didasarkan atas bebagai faktor analisa kondisi antara lain faktor pembentuk resiliensi, peranan dalam rumah tangga dan dukungan sosial oleh lingkungan serta keluarga, serta support keluarga dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Single parent, Covid-19.
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Wanita - Kepala Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Nov 2021 11:25
Last Modified: 15 Nov 2021 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum