STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI

Rizkia Annisa Fitri, NIM.: 17107020043 (2021) STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI)
17107020043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEDAGANG LANTAI ATAS SENTRA BELANJA NANJUNG SARI PANGANDARAN PASCA RELOKASI)
17107020043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

Dalam rangka mewujudkan Pangandaran sebagai tujuan wisata dunia, maka pemerintah Kabupaten Pangandaran melakukan perbaikan diseluruh sektor pendukung pariwisata. Relokasipun dilaksanakan guna mendukung keberhasilan pengembangan dalam upaya pengelolaan pariwisata. Diantaranya sektor ekonomi, yakni merelokasi pedagang pinggiran pantai ke Sentra Belanja yang telah dibangun pada tahun 2017. Permasalahan timbul setelah penempatan dan adaptasi pedagang di Sentra Belanja Nanjung Sari yang tidak berjalan lama disebabkan oleh kurangnya minat belanja wisatawan untuk naik ke lantai atas, jenis dagangan yang serupa di dua lantai, struktur bangunan yang kurang memenuhi standarisasi, adanya kepentingan-kepentingan tersendiri dalam proyek relokasi, dan jumlah kios yang over fasilitas. Berbagai cara telah dilakukan pedagang, sehingga daripada menanggung kerugian yang lebih banyak, pedagang lantai atas mengosongkan kiosnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang digunakan pedagang lantai atas sentra belanja Nanjung Sari dalam mengatasi permasalahan ekonomi dan kehidupan sosialnya pasca relokasi. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Tindakan Rasionalitas Max Webber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan subjek penelitian ini adalah pihak pelaksana dan penerima kebijakan. Menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pedagang lantai atas sentra belanja nanjung sari mampu mengatasi keadaan perekonomiannya dengan cara melakukan strategi baru. Yakni diantaranya menjadi pedagang keliling, menempati area parkir sentra belanja, menyewa tempat baru, beralih profesi, beralih jenis dagangan, serta memanfaatkan media sosial dan marketplace sebagai tempat untuk mempromosikan dagangan. Selain dari adanya strategi baru, dalam keadaan tersebut rasa kemanusiaan yang berwujud solidaritas dari sesama pedagang terhadap kondisi sosial pedagang lantai atas tetap berjalan. Hal tersebut dibuktikan dengan negosiasi yang telah diajukan oleh kelompok pedagang kepada pemerintah disepakati dengan adanya peraturan sementara yaitu para pedagang terdampak diperbolehkan menempati area parkir sekitar Sentra Belanja Nanjung Sari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Relokasi Pedagang; Rasionalitas; Strategi.
Subjects: Ekonomi Keuangan
Sosial, Interaksi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 09:38
Last Modified: 06 Dec 2021 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum