INOVASI TRANSPORTASI UNTUK KEBEBASAN MOBILITAS PENYANDANG DISABILITAS “STUDI ANALISIS DESKRIPTIF TRANSPORTASI UMUM OJEK DIFA CITY TOUR”

Chafid Hidayat, NIM.: 15720039 (2021) INOVASI TRANSPORTASI UNTUK KEBEBASAN MOBILITAS PENYANDANG DISABILITAS “STUDI ANALISIS DESKRIPTIF TRANSPORTASI UMUM OJEK DIFA CITY TOUR”. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI TRANSPORTASI UNTUK KEBEBASAN MOBILITAS PENYANDANG DISABILITAS “Studi Analisis Deskriptif Transportasi Umum Ojek Difa City Tour”)
15720039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INOVASI TRANSPORTASI UNTUK KEBEBASAN MOBILITAS PENYANDANG DISABILITAS “Studi Analisis Deskriptif Transportasi Umum Ojek Difa City Tour”)
15720039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia teknologi dewasa ini semakin mengalami kemajuan yang pesat dari berbagai sektor, akibatnya manusia dihadapkan pada dua sisi life of choice, yaitu dimana seseorang dapat berkembang memanfaatkan teknologi atau justru tertekan dengan adanya teknologi. Berbicara mengenai teknologi tentu menjadi pembahasan yang panjang dan kompleks, dikarenakan teknologi akan terus digantikan dengan inovasi teknologi yang lebih mutakhir. Dibalik kemajuan yang pesat, ada hak-hak kemanusiaan yang kurang diperhatikan dalam melibatkan pembangunan fasilitas umum, yaitu penyandang disabilitas. Sebagai penyandang disabilitas, ia berhak mendapatkan hak yang sama untuk mobilitas terlebih menggunakan teknologi yang aksesibel. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada apa dengan inovasi ojek difa dan mengapa hal tersebut terjadi. Penelitian ini menggunakan teori dari Everett M. Rogers yaitu Difusi Inovasi, dimana teori ini menjelaskan inovasi ojek difa bisa tersebar dan di adopsi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif melalui reduksi data, penyajian, pengelompokan, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi ojek difa merupakan bentuk kepedulian penyandang disabilitas pada hak-hak mobilitas yang kurang dipedulikan sebagai sekelompok minoritas di tengah padatnya perkotaan. Selain itu, inovasi tersebut menjadi bukti bahwa seorang penyandang disabilitas tidak bisa dipandang sebelah mata, tetapi juga bisa berkemajuan bahkan dapat bermanfaat bagi banyak orang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Informasi, Transportasi, Teknologi, Perubahan Hidup
Subjects: DISABILITAS
Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 10:16
Last Modified: 06 Dec 2021 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum