PERGOLAKAN PEMIKIRAN DAN PERUBAHAN PERILAKU: STUDI SOSIOLOGIS TERHADAP ALUMNI PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Zuhria Nurul Fathoni, NIM.: 16720042 (2021) PERGOLAKAN PEMIKIRAN DAN PERUBAHAN PERILAKU: STUDI SOSIOLOGIS TERHADAP ALUMNI PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERGOLAKAN PEMIKIRAN DAN PERUBAHAN PERILAKU: STUDI SOSIOLOGIS TERHADAP ALUMNI PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16720042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERGOLAKAN PEMIKIRAN DAN PERUBAHAN PERILAKU: STUDI SOSIOLOGIS TERHADAP ALUMNI PONDOK PESANTREN AL MUAYYAD SURAKARTA DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
16720042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang banyak alumni pesantren Al Muayyad yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi seperti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, hal ini tidak sepaham dengan santri dahulu yang enggan melanjutkan kuliah. Terlebih lagi, ketika menimba ilmu di kampus, tentunya terjadi banyak hal, antara lain perubahan dalam hal kedisiplinan beragama. Dulu ketika belajar di pesantren, mereka diajarkan untuk disiplin dalam mengerjakan sesuatu, seperti rajin shalat berjamaah, menjaga kebersihan, ramah terhadap orang lain dan sebagainya. Harusnya perilaku tersebut tetap berlanjut saat sudah menjadi alumni. Namun, setelah mereka menjadi alumni, ada kecenderungan perilaku mereka berubah, yang disebabkan oleh faktor lingkungan yang baru. Perubahan tersebut adalah perubahan kedisiplinan beragama, seperti jarang shalat berjamaah maupun perilaku sosial seperti pacaran, merokok dan kurangnya menjaga kebersihan di sekitar. Penelitian ini menggunakan teori disonansi kognitif Leon Festinger. Diskrepansi atau kesenjangan yang terjadi antara dua elemen kognitif yang tidak konsisten yang kemudian menciptakan ketidaknyamanan psikologis serta memotivasi individu untuk mengurangi disonansi kognitif. Penelitian ini dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan metode kualitatif deskriptif yaitu menganalisis data dengan menjelaskan dan menafsirkan data dari hasil penelitian. Pengumpulan data dengan cara, observasi yang dilakukan sebelum diberlakukannya studi online, wawancara dilakukan tanya jawab secara langsung untuk mendapatkan data dan konfirmasi dari mahasiswa alumni pondok pesantren Al Muayyad mengenai latar belakang terjadinya perubahan perilaku. Analisis data melalui tahapan reduksi data, Penyajian (Data Display) dan Penarikan/Verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan sebagian mahasiswa alumni pesantren Al Muayyad mengalami perubahan pada kedisiplinan beragama ketika kuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Perubahan yang terjadi berupa sholat tidak tepat waktu, tidak sholat berjamaah di masjid, keluar malam, pacaran, merokok, dan ada juga yang mengonsumsi miras. Dalam proses terjadinya perubahan perilaku, mereka mengalami pikiran yang berlawanan sehingga muncul kesenjangan yang terjadi antara dua elemen kognitif yang tidak konsisten yang kemudian menciptakan ketidaknyamanan psikologis serta memotivasi individu untuk mengurangi disonansi kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Phil. Ahmad Norma Permata, S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Sosial, Lembaga Pendidikan, Moral, Santri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Sosial, Interaksi
Sosial, Perubahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 06 Dec 2021 10:33
Last Modified: 06 Dec 2021 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46850

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum