MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KOMISARIAT PONDOK SAHABAT UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019

Nabbiul Ma’arif, NIM.: 15240029 (2021) MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KOMISARIAT PONDOK SAHABAT UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KOMISARIAT PONDOK SAHABAT UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019)
15240029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI PERGERAKAN MAHASISWA ISLAM INDONESIA (PMII) KOMISARIAT PONDOK SAHABAT UIN SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019)
15240029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Nabbiul Maarif, 15240029, Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Komisariat Pondok Sahabat Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2019, Komisariat Pondok Sahabat merupakan struktur kepengurusan dalam organisasi PMII yang berada di level kampus atau perguruan tinggi. PMII yang merupakan organisasi berideologi Pancasila dan berhaluan Ahlussunnah wal jama’ah bergerak dalam upaya menghimpun kader untuk melaksanakan tanggung jawab membentuk kader ideologis yang bertaqwa, berilmu cakap serta berkomitmen untuk memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia melalui penanaman nilai yang kemudian dapat dimanifestasikan dalam bentuk perilaku seorang kader. Kondisi sosial serta tantangan perubahan seiring berkembangnya zaman menjadi suatu tantangan untuk dapat dihadapi oleh PMII Komisariat Pondok Sahabat dalam kegaiatan pengembangan sumber daya manusia yang berfungsi sebagai upaya mempersiapkan sumbe rdaya yang unggul, mampu bersaing serta jeli dalam melihat persaoalan kebangsaan maupun keislaman, yang kemudian hal itu perlu disusun dalam kaderisasinya yang bertujuan sebagai sarana penguatan wawasan keilmuan serta kecakapan baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan (soft skill) untuk dapat bertahan dan eksis sampai hari ini serta tidak melenceng tujuan berdirinya organisasi PMII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan dalam proses kaderisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan menggunakan teori manajemen menurut A.F. Stoner yaitu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan serta pengendalian dengan beberapa metode pengembangan sumber daya manusia. Subjek Penelitian ini yaitu PMII Komisariat Pondok Sahabat, dan objek Penelitian manajemen pengembangan SDM dalam pengkaderan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pengembangan SDM dalam pengkaderan PMII Komisariat pondok sahabat sudahberjalan cukup baik dengan pengembangan SDM yang didasarkan kembali pada tujuanberdirinya organisasi PMII. Namun masih ada kelemahan dalam hal pengendalian yang masih mencakup kader secara umum atau belum ada metode pengendalian yang bersifat objektif personal kader di bawah naungan Komisariat Pondok Sahabat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Andy Dermawan, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia
Subjects: Islam dan Organisasi
Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 09:58
Last Modified: 25 Nov 2021 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum