SISTEM PENGAWASAN KEUANGAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KANTOR PUSAT REJOWINANGUN YOGYAKARTA TAHUN 2020

Devi Meidawati, NIM.: 17102040085 (2021) SISTEM PENGAWASAN KEUANGAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KANTOR PUSAT REJOWINANGUN YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENGAWASAN KEUANGAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KANTOR PUSAT REJOWINANGUN YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENGAWASAN KEUANGAN DI BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI (BIF) KANTOR PUSAT REJOWINANGUN YOGYAKARTA TAHUN 2020)
17102040085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta merupakan sebuah lembaga keuangan mikro syariah yang terbentuk di bawah payung hukum Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS). Didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas usaha ekonomi demi kesejahteraan masyarakat. BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta bergerak dalam sektor keuangan seperti halnya lembaga keuangan bank yang memiliki risiko tinggi atas keuangan yang dikelolanya. Oleh karena itu, sistem pengawasan keuangan yang baik penting untuk dilakukan, karena dengan adanya pengawasan keuangan dapat meminimalisir kesalahan dalam laporan keuangan, dan menghindari terjadinya suatu penyimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem atau tatacara pengawasan keuangan dan mendeskripsikan mengenai pengawasan internal yang dilakukan di BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta tahun 2020. Menggunakan teori pengawasan menurut T. Hani Handoko yang terdiri dari penetapan standar pelaksanaan (perencanaan), penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, analisis perbandingan antara pelaksanaan kegiatan dengan standar perencanaan, dan pengambilan tindakan koreksi.Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data interactive model menurut Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta pada tahun 2020 telah melaksanakan sistem pengawasan keuangan dengan baik, melalui proses pengawasan yaitu, penetapan standar pelaksanaan (perencanaan), penentuan pengukuran pelaksanaan kegiatan, pengukuran pelaksanaan kegiatan, analisis perbandingan antara pelaksanaan kegiatan dengan standar perencanaan, dan pengambilan tindakan koreksi. Pengawasan internal BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta berjalan dengan efektif dan efisien, dilihat melalui pengelolaan dari segi akuntansi. Laporan keuangan juga selalu selesai tepat waktu, dengan menggunakan komputer dan program komputer yang digunakan sudah sesuai dengan standar akuntansi. Namun, pada tahun 2020 BMT BIF Kantor Pusat Rejowinangun Yogyakarta tidak dapat mencapai target yang telah ditentukan karena adanya penyimpangan dari faktor eksternal yaitu pandemi Covid19, sehingga banyak kegiatan yang terkendala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Muhammad Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengawasan, Pengawasan Internal, BMT BIF
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 17 Nov 2021 12:57
Last Modified: 17 Nov 2021 12:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46870

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum