PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN, SIKAP, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY PADA APLIKASI OVO (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Melly Fatikah, NIM.: 17102040088 (2021) PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN, SIKAP, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY PADA APLIKASI OVO (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN, SIKAP, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY PADA APLIKASI OVO (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17102040088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGUNAAN, KEMUDAHAN, SIKAP, DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT PENGGUNAAN LAYANAN E-MONEY PADA APLIKASI OVO (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
17102040088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ada saat ini telah memberikan banyak kemudahan bagi umat manusia, salah satu hasil perkembangannya adalah bentuk uang elektronik. Pada tanggal 14 Agustus 2014 Bank Indonesia secara resmi mencanangkan Gerakan Nasional Nontunai (GNNT). GNNT bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan instrumen nontunai, sehingga secara bertahap terbentuk suatu komunitas atau masyarakat yang lebih menggunakan instrumen nontunai (Less Cash Society/LCS) dalam transaksi kegiatan ekonomi. Untuk mendukung terciptanya less cash society serta mendorong penggunaan transaksi nontunai Bank Indonesia tidak hanya memberikan izin kepada lembaga perbankan saja tetapi juga kepada lembaga selain bank (LSB). Salah satunya yaitu OVO, OVO adalah layanan dompet digital atau uang elektronik berbentuk aplikasi digital yang berfungsi sebagai alat pembayaran atau transaksi secara online, yang nilai uangnya disimpan secara elektronik di dalam media server ataupun chip yang dapat dipindahkan untuk kepentingan transaksi pembayaran atau transfer dana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kegunaan, kemudahan, sikap, dan religiusitas terhadap minat penggunaan layanan e-money pada aplikasi OVO (Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan objek penelitiannya yaitu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu dari data primer dan sekunder. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan Purposive Sampling dengan 100 responden yang menggunakan dan mengetahui layanan e-money pada aplikasi OVO. Metode pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan IBM SPSS 23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kegunaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam menggunakan layanan e-money pada aplikasi OVO. Secara parsial variabel kemudahan berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam menggunakan layanan e-money pada aplikasi OVO. Secara parsial variabel sikap berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam menggunakan layanan e-money pada aplikasi OVO. Secara parsial variabel religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam menggunakan layanan e-money pada aplikasi OVO. Sedangkan secara simultan variabel kegunaan, kemudahan, sikap, dan religiusitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam menggunakan layanan e-money pada aplikasi OVO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hikmah Endraswati, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kegunaan, Kemudahan, Sikap, Religiusitas, E-money OVO.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:01
Last Modified: 17 Nov 2021 13:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum