PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta Tahun 2021)

Eti Suci Ningrum, NIM.: 17102040094 (2021) PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta Tahun 2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta Tahun 2021))
17102040094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN ZAKAT TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (Studi Kasus pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta Tahun 2021))
17102040094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Zakat memiliki potensi strategis untuk membangun ekonomi yang efektif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Potensi zakat akan tercapai apabila pengelolaan zakat dilakukan secara efektif dan efisien. Untuk memudahkan pembayaran dan penyaluran dana zakat pemerintah membentuk Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang terdiri atas Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh transparansi laporan keuangan dan pengelola zakat terhadap kepercayaan muzakki pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, variabel independen transparansi laporan keuangan dan pengelolaan zakat sedangkan variabel dependen kepercayaan muzakki. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah BAZNAS Kota Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling insidental, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner. Selain kuesioner penelitian ini juga didukung dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji f. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian secara parsial ditunjukkan nilai t hitung untuk variabel transparansi laporan keuangan sebesar 3,500 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan untuk variabel pengelolaan zakat sebesar 3,369 dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil uji f atau secara simultan variabel transparansi laporan keuangan dan pengelolaan zakat ditunjukkan dengan nilai f hitung sebesar 17,882 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi hasil dari uji t dan uji f membuktikan baik secara parsial dan simultan variabel transparansi laporan keuangan dan pengelolaan zakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada BAZNAS Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hikmah Endraswati, S.E.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan, Kepercayaan, Zakat, Muzakki, BAZNAS Kota Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:17
Last Modified: 17 Nov 2021 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum