IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020/2021

Ika Santi, NIM.: 17102040105 (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020/2021)
17102040105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI STRATEGI PELAYANAN PRIMA OLEH SEKSI PENYELENGGARAAN HAJI DAN UMRAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PADA TAHUN 2020/2021)
17102040105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya minat masyarakat untuk mendaftar haji dan meminta pelayanan informasi seputar ibadah haji, dalam hal ini perlu adanya tindakan secara representatif dan berkesinambungan. Mengingat saat ini sedang dalam masa tanggap darurat pandemi Covid-19, maka pelayanan harus lebih diperhatikan agar aktivitas tersebut dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai kebijakan yang ditetapkan. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul sebagai fasilitator yang menangani tata pelaksanaan pelayanan ibadah haji. Adanya renovasi gedung PHU menjadi gedung PLHUT adalah sebuah inovasi dalam meningkatkan pelayanan. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pelayanan prima oleh Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan yaitu strategi pelayanan prima oleh Fandy Tjiptono. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa implementasi strategi pelayanan prima yang menarik yaitu pada indikator mengidentifikasi determinan utama kualitas pelayanan berdasarkan pengukuran kualitas layanan diantaranya reliabilitas, daya tangkap, jaminan, empati dan bukti fisik. Namun, pada indikator menciptakan automating quality terdapat sedikit kekurangan dikarenakan otomatisasi tersebut berupa siskohat dan wacana mobile pendaftaran haji. Siskohat yaitu sistem informasi dan komputerisasi haji terpadu Kemenag RI sedangkan Seksi PHU Kab. Bantul bukan sebagai pencipta siskohat namun sebagai pengguna siskohat dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Selain itu, pada indikator mengembangkan sistem informasi kualitas layanan belum maksimal, dikarenakan sistem informasi kualitas layanan berupa website Kemenag Kab. Bantul sedangkan Seksi PHU hanya menjadi bagian dalam website tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Hj. Early Maghfiroh Innayati, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Pelayanan Prima, Seksi PHU Kabupaten Bantul.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 17 Nov 2021 13:21
Last Modified: 17 Nov 2021 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum