KOPERASI PONDOK PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM II GONDANGLEGI MALANG)

Fitriatul Anani, NIM. 00230377 (2004) KOPERASI PONDOK PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM II GONDANGLEGI MALANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOPERASI PONDOK PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM II GONDANGLEGI MALANG))
00230377_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (KOPERASI PONDOK PESANTREN DAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN RAUDLATUL ULUM II GONDANGLEGI MALANG))
00230377_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Kegiatan Kopontren lebih banyak berpengaruh atau berdampak kepada masyarakat di luar lingkungan Pondok Pesantren, yaitu masyarakat petani tebu dan pedagang kecil yang ada di desa Putukrejo dan masyarakat sekitarnya. Masyarakat petani tebu dan pedagang kecil yang menjadi anggota Kopontren telah terdaftar resmi dalam buku anggota Kopontren, namun mereka tidak mendapat bagian dari sisa hasil usaha (SHU). Kegiatan Kopontren Usmani tidak secara maksimal menjadi laboratorium masyarakat Pesantren, ha! ini dapat di lihat dari kegiatan Kopontren yang diperuntukkan kepada masyarakat Pesantren hanya dalam dataran penyuluhan saja. Upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Kopontren Usmani ada dua macam yaitu: Dengan pembentukan kelompok dan pendampingan. Upaya pemberdayaan semacam ini dilakukan secara konsisten. Karena upaya pemberdayaan ini dianggap lebih mudah dilakukan dan dapat diterima oleh masyarakat terutama rnasyarakat pedesaan. Dengan pembentukan beberapa kelornpok tani tebu akan tirnbul suatu persaingan sehat untuk saling rnenjadi yang terbaik dari kelornpok lainnya. Dengan demikian masing-masing kelompok akan tennotivasi untuk lebih meningkatkan usahanya rnenjadi lebih baik. Sernangat ini akan rnernpermudah proses pernberdayaan ekonorni masyarakat yang bersangkutan. Sedangkan dengan pendampingan, kelompok tani akan merasa diperhatikan dan dihargai karena dalam usaha taninya didampingi oleh pihak Kopontren yang merupakan santri Pondok Pesantren tersebut yang memiliki kharisma khusus dalam pandangan masyarakat luas. Karena merasa diperhatikan dan dihargai oleh pihak Kopontren, mereka akan berusaha semaksimaI mungkin untuk menjalankan usahanya dengan baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Aziz MtJslim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Koperasi Pondok Pesantren Raudlatul Ulum II, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Nov 2021 14:10
Last Modified: 18 Nov 2021 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum