INTENSITAS EKTOPARASIT (Trichodina sp DAN Dactylogyrus sp) PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus L, 1758) BERBEDA UMUR (PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN) SETELAH PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRIH (Piper betle L)

Nafisah Febriyani Nur Mufidah, NIM. 17106040006 (2021) INTENSITAS EKTOPARASIT (Trichodina sp DAN Dactylogyrus sp) PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus L, 1758) BERBEDA UMUR (PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN) SETELAH PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRIH (Piper betle L). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTENSITAS EKTOPARASIT (Trichodina sp DAN Dactylogyrus sp) PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus L, 1758) BERBEDA UMUR (PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN) SETELAH PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRIH (Piper betle L))
17106040006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTENSITAS EKTOPARASIT (Trichodina sp DAN Dactylogyrus sp) PADA IKAN NILA (Oreochromis niloticus L, 1758) BERBEDA UMUR (PEMBENIHAN DAN PEMBESARAN) SETELAH PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRIH (Piper betle L))
17106040006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyakit yang disebabkan oleh ektoparasit merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh pembudidaya ikan termasuk ikan nila pada umur benih dan pembesaran, maka banyak pembudidaya ikan nila yang mengalami kerugian akibat serangan ektoparasit. Salah satu tanaman tradisional yang berpotensi dapat mengobati ektoparasit adalah daun sirih karena mengandung senyawa fenol yang bersifat antiparasit. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa pengaruh rebusan daun sirih terhadap penurunan intensitas ektoparasit dan mengetahui konsentrasi daun sirih yang efektif untuk menurunkan intensitas Trichodina sp. dan Dactylogyrus sp. pada ikan nila umur pembenihan dan pembesaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Penelitian ini terdiri dari perlakuan A (kontrol) yaitu tanpa pemberian larutan daun sirih, perlakuan B (2,5g/100ml), perlakuan C (5 g/100ml), dan perlakuan D (7,5 g/100ml). Hewan uji pada penelitian ini adalah ikan nila yang sudah terinfeksi ektoparasit Trichodina sp. dan Dactylogyrus sp. Data dianalisis dengan One Way Anova untuk mengetahui pengaruh perlakuan dengan rebusan daun sirih terhadap penurunan intensitas. Kemudian, dilakukan uji lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) untuk mengetahui konsentrasi rebusan daun sirih yang efektif dalam menurunkan intensitas ektoparasit Trichodina sp. dan Dactylogyrus sp. Hasil menunjukkan bahwa penurunan tingkat ektoparasit Trichodina sp. pada benih mencapai 72%, sedangkan pada ikan umur pembesaran mencapai 79%. Penurunan intensitas ektoparasit Dactylogyrus sp. pada benih ikan penurunannya mencapai 72%, sedangkan pada ikan dewasa penurunannya mencapai 32%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perendaman rebusan daun sirih selama 15 menit dapat menurunkan tingkat intensitas ektoparasit Trichodina sp. dan Dactylogyrus sp. baik pada ikan benih dan pembesaran. Konsentrasi rebusan daun sirih yang menurunkan intensitas ektoparasit Trichodina sp paling tinggi baik pada ikan nila umur pembenihan dan pembesaran adalah konsentrasi 5 g/100ml, sedangkan untuk menurunkan intensitas ektoparasit Dactylogyrus sp. paling tinggi pada ikan nila umur pembenihan adalah konsentrasi 2,5 g/100ml, dan konsentrasi yang terbaik pada ikan nila umur pembesaran adalah 7,5 g/100ml.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Daun sirih, Dactylogyrus sp, ektoparasit, ikan nila, intensitas, pembenihan, pembesaran, Trichodina sp.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Nov 2021 13:44
Last Modified: 18 Nov 2021 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum