PERAN PIMPINAN PANTI DALAM PROGRAM KESEJAHTERAAN ANAK DIPANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA

Muhamad Nurhidayat, S. Sos., NIM.: 17200011002 (2021) PERAN PIMPINAN PANTI DALAM PROGRAM KESEJAHTERAAN ANAK DIPANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA. Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PIMPINAN PANTI DALAM PROGRAM KESEJAHTERAAN ANAK DIPANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
17200011002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN PIMPINAN PANTI DALAM PROGRAM KESEJAHTERAAN ANAK DIPANTI ASUHAN LA TAHZAN BANGUNTAPAN, BANTUL, YOGYAKARTA)
17200011002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) adalah upaya yang terarah, terpadu, dan berkelanjutan yang dilakukan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam bentuk pelayanan sosial guna memenuhi kebutuhan dasar anak, yang meliputi bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, aksesibilitas pelayanan sosial dasar, peningkatan potensi diri dan kreativitas anak, penguatan orang tua/keluarga dan penguatan lembaga kesejahteraan sosial anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan strategi studi kasus karena fokus penelitian terletak pada fenomena dalam kehidupan nyata para pengelola usaha Panti Asuhan, sehingga data yang dibutuhkan tidak hanya data historis namun juga diperlukan wawancara serta observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan peran pimpinan panti dalam mensejahteraan anak di panti asuhan La Tahzan Yogyakarta telah terlaksana dengan metode-metode pemberdayaan dan pembinaan yang berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan anak yatim piatu dan dhuafa. Indikator keberhasilan peran pimpinan dalam program kesejahteraan anak di panti asuhan La Tahzan dapat di lihat secara lebih spesifik. Hal ini terlihat dari adanya perubahan positif yang secara terus menerus berkembang serta pola pikir anak yang sudah baik bisa menentukan suatu pilihan secara baik dan benar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Rofah, S. Ag, BSW, M.A., Ph. D
Uncontrolled Keywords: Peran Pimpinan, Panti Asuhan, Kesejahteraan Anak
Subjects: Kesejahteraan Masyarakat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Nov 2021 09:36
Last Modified: 23 Nov 2021 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum