HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BP2LHK MAKASSAR, KEMENAG MINAHASA, MTS MACCIRIANNAE, PT. KALLA TOYOTA KOLAKA, HIJAIYAH CENTER PALU SULAWESI

Nurjanna, NIM.: 17104090002 (2020) HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BP2LHK MAKASSAR, KEMENAG MINAHASA, MTS MACCIRIANNAE, PT. KALLA TOYOTA KOLAKA, HIJAIYAH CENTER PALU SULAWESI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BP2LHK MAKASSAR, KEMENAG MINAHASA, MTS MACCIRIANNAE, PT. KALLA TOYOTA KOLAKA, HIJAIYAH CENTER PALU SULAWESI)
17104090002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI BP2LHK MAKASSAR, KEMENAG MINAHASA, MTS MACCIRIANNAE, PT. KALLA TOYOTA KOLAKA, HIJAIYAH CENTER PALU SULAWESI)
17104090002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini tergolong jenis kuantitatif berdasarkan metode korelasi dengan tujuan untuk menganalisis tingkat hubungan serta besar kontribusi pada variabel kepuasan kerja (X1) yang dimediasi oleh variabel komitmen kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y). Penelitian pada skripsi ini didasarkan oleh teori Rivai yang menyatakan bahwa faktor ukuran kepuasan berlandaskan pada teori keadilan tergantung adil atau tidak dalam situasi kerja melalui perbandingan perolehan dirinya dengan perolehan orang lain, kemudian jika perbandingan itu dianggap cukup adil, maka karyawan memiliki komitmen terhadap kinerja. Pengambilan populasi pada penelitian ini berasal dari 5 instansi dengan sejumlah 147 pegawai melalui rumus slovin dengan perolehan sampel sebanyak 108 orang (73,4% dari populasi). Pengunaan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan bantuan random table. Variabel independen pada penelitian ini adalah kepuasan kerja (X1) dan komitmen kerja (X2), sedangkan variabel dependennya adalah kinerja (Y). Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sementara itu, teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 25. Hasil analisis uji korelasi bivariat antara kepuasan kerja dan kinerja menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,829 dan nilai signifikansi 0,oo < a=0,05. Peryataan menunjukkan bahwa terjadi hubungan positif antara kepuasan kerja terhadap kinerja dengan kategori sangat kuat. Sementara itu berdasarkan hasil uji korelasi parsial, variabel kepuasan kerja (X1) berpengaruh terhadap variabel kinerja (Y) karena dimediasi variabel komitmen kerja (X2). Koefisien korelasi parsial sebesar 0,334 denga nilai signifikansi 0,000<a=0,05. Perbandingan koefisien korelasi bivariat dan koefisien korelasi parsial ialah ryx>ryxz=0,829 > 0,334. Artinya, korelasi yang terjadi antara kepuasan kerja dan kinerja ternyata spurious karena variabel kepuasan kerja (X1) tidak berhubungan secara linear terhadap variabel kinerja (Y) karena adanya mediasi dari variabel komitmen kerja (X2). Selanjutnya, analisis regresi linear ganda menghasilkan R2 sebesar 0,790. Artinya, variabilitas kinerja mampu diterangkan oleh variabilitas kepuasan kerja dan komitmen kerja sebesar 70%. Sementara itu, sebesar 60% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam skripsi ini. Persamaan regresinya adalah Y = 0,183+ 0,278X1+0,549X2. Artinya, kontribusi variabel X1 ke Y sebesar 27,8%, sedangkan kontribusi variabel X2 ke Y sebesar 54,9%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Rinduan Zain, MA.
Uncontrolled Keywords: Kemenag Minahasa; quality of work; nitiative; promptness
Subjects: Etika Kerja Islami
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Nov 2021 09:51
Last Modified: 23 Nov 2021 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum