PERAN BADAN KOORDINASI (BADKO) TKA-TPA KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPA AL FURQON REJOSARI SLEMAN

Alimah, NIM.: 14410156 (2021) PERAN BADAN KOORDINASI (BADKO) TKA-TPA KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPA AL FURQON REJOSARI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BADAN KOORDINASI (BADKO) TKA-TPA KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPA AL FURQON REJOSARI SLEMAN)
14410156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN BADAN KOORDINASI (BADKO) TKA-TPA KABUPATEN SLEMAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TPA AL FURQON REJOSARI SLEMAN)
14410156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan non formal yang aktivitasnya memberikan pemahaman serta penanaman ilmu agama Islam. Badan Koordinasi TKA-TPA berdikari dalam mengkoordinir, membina dan meningkatkan kualitas PAI di TKA-TPA. Badan Koordinasi TKA-TPA Kabupaten Sleman mempunyai peran yang cukup penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di lembaga TPA sesuai dengan visi dan misinya. Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut perlu adanya upaya meningkatkan kualitas guru atau ustadza-ustadzahnya melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan. Peran Aktif Badko TKA-TPA Kabupaten Sleman untuk meningkatan pribadi yang mempunyai keimanan dan ketakwaan, tentunya melalui sistem pendidikan Islam, baik melalui proses pembelajaran pendidikan formal maupun melalui jalur pendidikan Islam non formal. Pada saat ini pendidikan Islam masih ada yang belum responsive terhadap tuntutan hidup dalam menghadapi masalah-masalah pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil produk sistem pendidikan yang masih jauh dari harapan, baik secara karakter atau hasil pendidikan, atau dari tenaga pendidik maupun tata kelola pendidikannya sehingga pendidikan non formal masih cenderung dilihat sebelah mata, dalam hal tersebut sangat diperlukan tenaga pendidik yang mampu menjawab berbagai tantangan pendidikan sehingga dapat tercapai apa yang menjadi tujuannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Field research dengan sumber data dari Badan Koordinasi TKA-TPA Kabupaten Sleman Yogyakarta. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Dari Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Peran Badan Koordinasi TKATPA Kabupaten Sleman dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al-Furqon, yaitu Badko TKA-TPA Kabupaten Sleman sebagai motivator, mediator dan fasilitator. Adapun program Badko TKATPA Kabupaten Sleman meliputi: Pengembangan unit TKA-TPA melalui program pengembangan sumberdaya ustadz-ustadzah, pengembangan manajemen, pengembangan kurikulum dan standarisasi kelulusan, mengembangkan minat bakat santri. 2) Yang menjadi faktor penghambat kemajuan dalam proses kegiatan belajar mengajar di TPA Al-Furqon diantaranya: Kurang tenaga pendidik dalam kontek ini adalah ustadz-ustadzah, masih adanya orang tua santri yang belum paham visi dan misi Taman Pendidikan Al Qur’an. Sedangkan faktor pendukung diantaranya Sarana dan Prasarana yang memadai, adanya hubungan Taman Pendidikan Al Qur’an dengan wali santri yang harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.A.
Uncontrolled Keywords: Taman Pendidikan Al Qur’an; Kualitas Pendidikan; Pendidikan Agama Islam;
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 13:50
Last Modified: 07 Dec 2021 13:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum