PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER HADRAH KANGEN KANJENG NABI DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN

Adnan Ardiansyah, NIM.: 14410180 (2021) PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER HADRAH KANGEN KANJENG NABI DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER HADRAH KANGEN KANJENG NABI DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
14410180_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN PERCAYA DIRI MELALUI EKSTRAKURIKULER HADRAH KANGEN KANJENG NABI DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN)
14410180_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembentukan karakter di sekolah dapat diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Seperti mata pelajaran yang berhubungan dengan norma-norma dalam kehidupan. Selain mata pelajaran, pembentukan karakter dapat ditanamkan ke dalam kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang potensional dalam membina dan membentuk karakter peserta didik selama ini. Ekstrakurikuler hadrah adalah salah satu strategi sekolah dalam membentuk karakter tanggung jawab dan rasa percaya diri peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Kangen Kanjeng Nabi dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan percaya diri di SMK Diponegoro Depok, pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Hadrah Kangen Kanjeng Nabi dalam pembentukan karakter tanggung jawab dan percaya diri di SMK Diponegoro Depok Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah Wakil Kepala Sekolah bidang keagamaan, Pembina Pondok, Pembina Hadrah serta anggota hadrah yaitu peserta didik SMK Diponegoro Depok. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Sementara itu, validasi data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini bahwa pembentukan karakter tanggung jawab dan percaya diri melalui ekstrakurikuler hadrah kangen kanjeng nabi di SMK Diponegoro Depok Sleman diawali dengan perencanaan. 1) Perencanaan kegiatan dibagi menjadi dua yaitu menentukan tujuan kegiatan ekstrakurikuler hadrah dan rencana program kegiatan. 2) Pada pelaksanaan nya kegiatan ekstrakurikuler hadrah dilakukan setiap hari Kamis dan Jumat. 3) Pembentukan karakter dilakukan dengan pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan. Kegiatan ekstrakurikuler telah membentuk karakter tanggung jawab dan percaya diri dilihat dari aspek yang telah dimiliki peserta didik yaitu aspek tanggunga jawab seperti peserta didik mampu mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah dengan baik, tanggungjawab pada saat piket, bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan dan mampu mengerjakan tugas kelompok secara bersama-sama. Adapun aspek-aspek yang terkandung dalam rasa percaya diri pada peserta didik SMK Diponegoro Depok yang mengikuti ekstrakurikuler Hadrah Kangen Kanjeng Nabi yaitu ambisi, sikap mandiri, memiliki sikap optimis, tidak mementingkan diri sendiri dan memiliki sikap toleransi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab; Percaya Diri; Hadrah Kangen Kanjeng Nabi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 13:51
Last Modified: 07 Dec 2021 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47054

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum