KONSEP MOTIVASI BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Tafsir Tematik Berdasar Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab)

Nailurrohmah Khoiri, NIM.: 17104010138 (2020) KONSEP MOTIVASI BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Tafsir Tematik Berdasar Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MOTIVASI BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Tafsir Tematik Berdasar Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab))
17104010138_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MOTIVASI BERPIKIR DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Kajian Tafsir Tematik Berdasar Kitab Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab))
17104010138_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam Islam sangat menjunjung tinggi penggunaan pikiran dalam segala hal begitupun dalam Al-Qur’an telah menyebutkan berulang-ulang kali seruan untuk berpikir dengan banyaknya ayat-ayat tentang perintah berpikir. Namun ditemukan adanya proses penyampaian pengetahuan pendidikan agama Islam yang masih berkisar pada pemahaman materi saja. Sedangkan dalam praktiknya diperlukan adanya motivasi yang dapat mendorong pola berpikir siswa untuk lebih memahami kegunaan dan manfaat dari materi pendidikan agama Islam yang telah dipelajari. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian terhadap konsep motivasi berpikir dalam al-Qur’an dan relevansinya bagi pengembangan pendidikan agama Islam untuk menyelesaikan permasalahan dalam dunia pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode tafsir tematik (maudhu’i) terhadap ayat al-Qur’an. Analisis data menggunakan 2 teknik analisis yakni terlebih dahulu dilakukan analisis bahasa (linguistik) lalu dengan analisis isi (content). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa, ditemukan adanya relevansi dengan pengembangan pendidikan Agama Islam. Relevansi tersebut berdasarkan atas tujuan yang sama yaitu untuk menciptakan manusia yang memiliki kesemibangan dalam hal pikiran dan keimanan. Maksudnya, mampu menjadikan pikiran mereka untuk memperoleh ilmu pengetahuan untuk mensejahterakan kehidupan di dunia, baik dalam beribadah, muamalah maupun berakhlak, yang nantinya akan menjadi sumber kebahagiaan di akhirat kelak. Untuk mencapai tujuan pendidikan Agama Islam yang demikian, maka perlu adanya prinsip-prinsip yang harus diperhatikan untuk mengembangkan motivasi berpikir dalam al-Qur’an bagi pendidikan Islam, yakni terdiri dari: 1.) objektif, 2.) sistematis, 3.) empiris dan rasionalis, 4.) holistik, serta 5.) integratif. Apabila prinsip tersebut mampu diterapkan dalam pendidikan Islam dengan baik, maka pendidikan Agama Islam akan mampu mencapai perkembangan yang lebih baik dan melampaui perkembangan sistem pendidikan Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Misbah; metode maudhu’i; motivasi berpikir
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 23 Nov 2021 10:36
Last Modified: 23 Nov 2021 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47056

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum