PERAN ORGANISASI BERBASIS IMAN (FBOs) DALAM WACANA TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGs): STUDI KASUS DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA

Ulfiyatun Nadzifah, NIM.: 18200010165 (2021) PERAN ORGANISASI BERBASIS IMAN (FBOs) DALAM WACANA TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGs): STUDI KASUS DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA. Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORGANISASI BERBASIS IMAN (FBOs) DALAM WACANA TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGs): STUDI KASUS DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA)
18200010165_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORGANISASI BERBASIS IMAN (FBOs) DALAM WACANA TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (SDGs): STUDI KASUS DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA)
18200010165_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini meneliti peran Organisasi Berbasis Iman (Faith Based- Organisations/FBOs) dalam hubungannya dengan wacana Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), dengan studi kasus di Dompet Dhuafa Yogyakarta. Berangkat dari studi tentang agama dan pembangunan yang sebelumnya tidak saling bersinergi, penelitian ini mengulas tentang bagaimana eksistensi agama mempengaruhi wacana pembangunan terutama pada negara yang mayoritas masyarakatnya beragama. Penelitian ini berkontribusi pada studi filantropi Islam khususnya yang berkaitan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Studi ini berargumen bahwa agama, yang dalam penelitian ini dicontohkan oleh FBOs, merupakan salah satu elemen kunci yang penting dalam membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui konsep Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Penelitian ini merupakan studi kualitatif terhadap upaya-upaya yang dilakukan Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam mendukung terwujudnya SDGs. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara langsung dengan pihak lembaga serta mustahik atau penerima manfaat program. Kesimpulan tesis ini menunjukkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta dalam mendukung SDGs dapat terlihat dari program-program lembaga yang mengusung konsep sustainability atau keberlanjutan. Program-program yang dilaksanakan antara lain mencakup aspek ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan sosial. Dalam mendukung terwujudnya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Dompet Dhuafa Yogyakarta telah berhasil mencapai 5 dari 17 poin target SDGs yang telah ditetapkan sebagai agenda pembangunan dunia. Target yang dicapai oleh Dompet Dhuafa antara lain poin 1, 3, 4, 6 dan 8, yaitu tanpa kemiskinan, menjamin kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan seluruh penduduk semua usia, pendidikan berkualitas, akses air bersih dan sanitasi, dan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. Berangkat dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa agama dan pembangunan di negara yang mayoritas beragama, seperti Indonesia, tidak saling mendominasi dan telah bersinergi demi mewujudkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi msyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Najib Kailani, S.Fil.I., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: FBOs, Filantropi Islam, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Subjects: Islam dan Organisasi
Kebijakan Publik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 23 Nov 2021 10:47
Last Modified: 23 Nov 2021 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum