KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Etika Nur Handayani, NIM.: 14490026 (2021) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14490026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
14490026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah berawal dari ketertarikan penulis sendiri terhadap kepemimpinan yang digunakan untuk meningkatkan kinerja pegawai di Kementerian Agama khususnya di Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun yang di maksud dengan gaya kepemimpinan transformasional adalah perilaku atau sikap seorang pemimpin yang unik dengan kriteria tertentu yang dapat mempengaruhi seorang atau kelompok untuk tujuan bersama. Esensi dari kepemimpinan transformasional adalah mengubah potensi menjadi nyata untuk meningkatkan mutu proses dan hasil dari sebuah instansi. Penulis memandang penerapan kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja pegawai sudah relevan dengan perkembangan dan situasi saat ini, dimana pemimpin sebagai pimpinan tidak bertindak otoriter serta mampu mengayomi para bawahan sehingga ide-ide yang berasal dari bawahan tersampaikan dan ditampung untuk menjadikan kantor kementerian yang lebih baik lagi secara bersama-sama. Sehingga hubungan antara pimpinan dan bawahan dapat berjalan selaras dan saling terbuka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran seluruh pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun subjek penelitian terdiri dari 1). Kepala Sub. Bagian Organisasi, Tata Laksana dan Kepegawaian (ORTALA), 2). Kepala bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU), 3). Kepala Bidang Pembimbing Masyarakat Kristen (BIMAS KRISTEN), 4). Kepala Sub. Bagian Umum, 5). Kepala Bidang Penerangan Agama Islam, Zakat dan Wakaf (PENAISZAWA), serta 6). Kepala Seksie Sarana Prasarana Bidang Pendidikan dan Madrasah (SARPRAS DIKMAD). Hasil penelitian menunjukan bahwa didalam kepemimpinan transformasional yang diterapkan di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY ini sudah baik terbukti dari adanya perubahan-perubahan dalam pengelolaan baik dari sumber daya manusia maupun sistem manajemen pengadaan di kantor dalam upaya peningkatan mutu kerja bersama. Beberapa hasil diantaranya adalah terbentuknya sistem PTSP yang teratur dan pelayanan kepada masyarakat umum yang kreatif dan mampu membentuk lingkungan masyarakat yang lebih baik, baik dari segi kesehatan, budaya dan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin, S.Pd. I, M. S. I
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; Transformasional; Kinerja Pegawai.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:11
Last Modified: 07 Dec 2021 14:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum