IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL COMPANY DI WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA

Anis Sofyan, NIM.: 14490043 (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL COMPANY DI WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL COMPANY DI WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA)
14490043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS SPIRITUAL COMPANY DI WAROENG STEAK AND SHAKE YOGYAKARTA)
14490043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu proses pemanfaatan tanaga kerja yang dilakukan secara efektif dan efisien melalui kegiatan perencanaan, penggerakan dan pengendalian. Sedangkan Spiritual Company adalah sebuah perusahaan atau organisasi dengan seluruh stakeholder yang dalam praktik kerjanya memiliki prinsip nilai-nilai luhur spiritualitas pada diri setiap karyawan dengan semangat beribadah berlandaskan Al-Quran dan Sunnah dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan dan pengembangan kegiatan untuk menambah wawasan ilmu agama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Setelah mendapatkan data di lapangan proses selanjutnya menganalisis dan mengolah data yang telah didapatkan dari transkip, koding, melabeli subvariabel, mengelompokkan data pertama, kemudian interpretasi data. Penelitian ini dilakukan di Waroeng Steak and Shake Yogyakarta mengenai manajemen sumber daya manusia berbasis spiritual company dalam proses pengembangan karyawan. informan dalam penelitian adalah HRD manajer, HRD bagian personalia, kepala bagian spiritual company, manajer operasional outlet dan karyawan penerima undian umroh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) manajemen sumber daya manusia di Waroeng Steak and Shake Yogyakarta telah dilaksanakan dengan baik berdasarkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, penarikan, dan pengawasan. Dalam program kegiatan spiritual company antara lain adalah Pengajian Karyawan, Pengajian Warga, One Day One Juz, sholat berjamaah, pengajaran Al-Qur’an, Hafalan empat surat penting dan Sedekah Nasional. (2) Implementasi program spiritual company di Waroeng Steak and Shake pada dasarnya sudah terencana dengan baik, dimana yang bertanggungjawab atas kegiatan-kegiatan spiritual company ini adalah kepala bagian spiritual company. Dalam program kegiatan tersebut ditanamkan melalui kebiasaan dan pengajaran ilmu tarbiyah dalam rutinitas kehidupan sehari-hari di lingkungan kerja. (3) Budaya kerja dilaksanakan di lingkup karyawan Waroeng Steak and Shake dengan menerapkan spiritual company menghasilkan kebiasaan yang dilakukan karyawan dan menciptakan budaya kerja dan budaya islami yang meliputi budaya salam, budaya ramah kepada pelanggan, budaya berbusana rapi dan budaya lingkungan bersih sedangkan budaya islami meliputi budaya berakidah, budaya beribadah, dan budaya akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Edy Yusuf Nur SS, MM, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Manusia; Spiritual Company; Budaya Kerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:12
Last Modified: 07 Dec 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum