EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA

Rizky Kurniawan Widodo, NIM.: 14600029 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
14600029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KERJA SAMA SISWA KELAS XI MAN 2 YOGYAKARTA)
14600029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas model pembelajaran snowball throwing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengetahui efektifitas model pembelajaran snowball throwing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kerjasama siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain posttest-only Control group Design.Variabel penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas berupa model pembelajaran snowball throwing dan dua variabel terikat berupa kemampuan komunikasi matematis dan kerjasama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 214 siswa, dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2. Kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol, kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest kemampuan komunikasi matematis dan lembar observasi kerjasama. Teknik analisis data kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik inferensial yang meliputi uji t sampel yang terpisah, dan analisis data kerjasama siswa menggunakan pengolahan data kualitatif menurut Miles dan Huberman dengan derajat kepercayaan yang digunakan, yaitu triangulasi; ketekunan pengamatan; dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran snowball throwing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kerjasama siswa kelas XI MAN 2 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.,& Dr. Sri Utami Zuliana, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Snowball Throwing; Komunikasi Matematis; Kerjasama
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:15
Last Modified: 07 Dec 2021 14:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum