PENGEMBANGAN BUKU BACAAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS PADA TRADISI MENGINANG SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS

Ria Nilamsari, NIM.: 14670009 (2021) PENGEMBANGAN BUKU BACAAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS PADA TRADISI MENGINANG SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU BACAAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS PADA TRADISI MENGINANG SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS)
14670009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU BACAAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS PADA TRADISI MENGINANG SEBAGAI SUMBER LITERASI SAINS)
14670009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Analisis yang dilakukan oleh PISA pada tahun 2015 mengenai nilai literasi sains peserta didik di Indonenesia menunjukkan nilai rata-rata 403, jika dibandingkan dengan rata-rata internasional sebesar 493, dapat dikatakan bahwa hasil literasi sains peserta didik di Indonesia masih jauh tertinggal. Pembelajaran sains yang mengkaitkan antara sains asli pada budaya masyarakat dan ditransformasikan menjadi sains ilmiah (berorientasi pada konsep etnosains) dinilai dapat meningkatkan literasi sains peserta didik. Pembelajaran yang berorientasi pada budaya atau disebut dengan etnosains, merupakan suatu kajian tentang sistem pengetahuan yang diorganisasi dari budaya dan kejadian-kejadian yang berhubungan dengan alam semesta yang terdapat di dalam masyarakat. Pembelajaran sains yang turut serta memadukan unsur kebahasaan seperti aspek menulis, berbicara, dan membaca, karena aspek kebahasaan ini merupakan kunci dari literasi sains (scientific literacy). Oleh karena itu, untuk meningkatkan literasi sains (Scientific Literacy) peserta didik, maka perlu dikembangkan buku-buku teks maupun nonteks (buku pengayaan). Penelitian ini dilaksanakan mengadaptasi metode penelitian dan pengembangan dari 4D, yang mencangkup tiga tahapan yaitu (1) define, (2) design, dan (3) develop. Produk diilakukan review oleh dua orang peer reviewer, dan divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan pendidik kimia sebagai reviewer. Produk juga direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas produk oleh dosen ahli, pendidik kimia dan peserta didik dilakukan menggunakan angket berstruktur dengan skala likert lima kategori yaitu sangat baik (SB), baik (B), cukup (C), kurang (K), dan sangat kurang (SK). Produk yang dikembangkan merupakan buku bacaan kimia berbasis etnosains pada tradisi nginang sebagai sumber literasi sains. Kualitas media pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi adalah sangat baik dengan skor 43 dari skor maksimal 45 dan persentase keidealan 95,5 %, berdasarkan ahli media juga sangat baik dengan skor 29 dari skor maksimal 30 dan persentase keidealan 96,67 %, dan kualitas berdasarkan pendidik adalah sangat baik dengan skor 66 dari skor maksimal 75 dan persentase keidealan 88 %. Kemudian menurut respon peserta didik kualitas produk juga sangat baik dengan skor 67,1 dari skor maksimal 75 dan persentase keidealan 89,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Karmanto. S.Si . M Sc
Uncontrolled Keywords: Buku Bacaan; Etnosains; Literasi Kimia
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Kimia
Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:21
Last Modified: 07 Dec 2021 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum