PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BRAILLE MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA

Maya Siti Pratama, NIM.: 14680009 (2021) PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BRAILLE MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BRAILLE MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
14680009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL IPA BIOLOGI BRAILLE MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII DI MTs LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
14680009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan yaitu mengembangkan dan menghasilkan modul IPA biologi Braille yang dapat digunakan bagi peserta didik kelas VIII di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta dan mengetahui kelayakan modul tersebut. Penelitian ini termasuk Penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE namun terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, dan Evaluation. Kelayakan dari modul IPA biologi Braille ini diuji oleh 1 ahli materi, 1 ahli media braille, 5 peer reviewer, 1 guru IPA biologi dan 3 respon peserta didik kelas VIII MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa modul IPA biologi Braille materi sistem pencernaan manusia yang dikembangkan secara keseluruhan memiliki kelayakan sangat baik, dengan persentase masing-masing sebesar 88,75% dari ahli materi, 98,46% oleh ahli media, 89,45% oleh peer reviewer, 93,63% oleh guru IPA biologi, dan 95,55% dari peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul IPA biologi Braille yang dikembangkan memiliki kriteria yang sangat baik dan layak digunakan bagi peserta didik kelas VIII di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Modul; Braille; Sistem Pencernaan Manusia
Subjects: DISABILITAS
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:23
Last Modified: 07 Dec 2021 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum