STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL BAROKAH YOGYAKARTA

Rahmat Kurnia Najich, NIM.: 16240075 (2021) STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL BAROKAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL BAROKAH YOGYAKARTA)
16240075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL BAROKAH YOGYAKARTA)
16240075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Haji merupakan salah satu kewajiban yang dilajankan oleh semua muslim bagi yang telah memenuhi syarat untuk menjalankannya. Pelaksanaan Ibadah haji yang memerlukan persiapan yang matang dibutuhkan KBIH untuk membimbing para calon jamaah haji agar dapat menjalankan ibadah dengan baik. Maka dari itu diperlukan strategi pemasaran yang baik bagi KBIH agar dapat menawarkan dan mempromosikan jasanya pada calon jamaah haji. Dalam penelitian ini penulis melihat bagaimana KBIH Al Barokah mempromosikan jasanya kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan subjek penelitian yaitu KBIH Al Barokah yang didalami kepada para pegawai KBIH Al Barokah dan alumninya. Objek Penelitian ini melihat stategi pemasaran yang telah diterapkan oleh KBIH Al Barokah. Penulis mengumpulkan data dari para narasumber terkait dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu penulis menguraikan data yang telah didapatkan, menganalisis dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis penulis, dapat dilihat bahwa strategi pemasaran KBIH Al Barokah telah menerapkan teori 4 p (product, price, promotion, place). Dari segi product KBIH Al Barokah mempunyai jasa manasik, membantu mengurus administrasi haji. Dari segi price atau harga, harga yang ditentukan oleh KBIH juga telah berdasarkan aturan yang ada serta disesuaikan dengan kebutuhan jamaah, sehingga jamaah tidak terbebani dengan harga yang ada. Promosi yang dilakukan oleh KBIH Al Barokah yang telah dilakukan meliputi pengiklanan, hubungan masyarakat, pemasaran langsung melalui digital marketing dan telemarketing dan word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut. Terakhir place, tempat dimana tempat yang dipilih oleh KBIH strategis untuk dikunjungi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji, Marketing Mix
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:18
Last Modified: 25 Nov 2021 10:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47096

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum