PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENGUATAN LEMBAGA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) NURUL QUR’AN MAGELANG

Nanda Khairani, NIM.: 16250031 (2021) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENGUATAN LEMBAGA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) NURUL QUR’AN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENGUATAN LEMBAGA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) NURUL QUR’AN MAGELANG)
16250031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENGUATAN LEMBAGA DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) NURUL QUR’AN MAGELANG)
16250031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada lembaga untuk pelayanan kesejahteraan sosial beraneka ragam, seperti kekurangan manajemen SDM untuk mengurus dan memberikan pelayanan, pengasuhan bagi anak-anak yang masih jauh dari standar, pemisah antara anak asuh LKSA dan Pondok Pesantren yang tidak jelas, serta minimnya skill pengurus untuk mengelola LKSA secara terstruktur dan fungsional. Disinilah peranan penting dari pekerja sosial untuk memperkuat Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Qur’an Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pekerja sosial, pengurus yang mengelola dan anak asuh yang berada di LKSA Nurul Qur’an Magelang. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi data serta analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pekerja sosial memiliki peran yang penting dalam mewujudkan penguatan di LKSA Nurul Qur’an Magelang. Pekerja sosial yang berperan aktif menunjukkan bahwa kehadirannya sangat dibutuhkan dalam fasilitator, broker, mediator, advokator dan pelindung. Peranan yang dilakukan oleh pekerja sosial diantaranya memberikan arahan kepada pengurus dalam proses akreditasi, membantu contoh proposal, pengelolaan atas data administrasi, membantu menghubungkan antara LKSA Nurul Qur’an Magelang dengan pelayanan kesehatan, merekomendasikan sekolah bagi anakanak, menjadi penengah bagi anak yang bermasalah, pembela bagi anak yang memiliki kasus, membantu proses identitas anak serta melaksanakan sosialisasi dan pertemuan rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Asep Jahidin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Kesejahteraan Sosial, Lembaga Penguatan
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 25 Nov 2021 10:20
Last Modified: 25 Nov 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum