PROBLEMATIKA KECEMASAN BELAJAR SISWA DI RANAH SEKOLAH: TERCIPTANYA ION POSITIF PADA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING

Wasilatur Rofiqoh, NIM.: 19200010034 (2021) PROBLEMATIKA KECEMASAN BELAJAR SISWA DI RANAH SEKOLAH: TERCIPTANYA ION POSITIF PADA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING. Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA KECEMASAN BELAJAR SISWA DI RANAH SEKOLAH: TERCIPTANYA ION POSITIF PADA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING)
19200010034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA KECEMASAN BELAJAR SISWA DI RANAH SEKOLAH: TERCIPTANYA ION POSITIF PADA DIRI SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING)
19200010034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkembangan pendidikan, setiap siswa diharapkan bisa memiliki perkembangan belajar yang baik dan mampu meningkatkan prestasi akademik. Akan tetapi, adanya hambatan sulit berinteraksi dengan orang lain, takut dipermalukan di depan kelas, tidak bisa menghadapi tantangan dan ujian, permasalahan orang tua, serta keterbatasan ekonomi, membuat munculnya gangguan kecemasan belajar berupa takut, cemas, malu, tegang, gelisah, bahkan depresi. Hal ini perlu segera diatasi dan membutuhkan penanganan sebagai pencegahan implikasi terhadap perkembangan gangguan kecemasan yang lebih serius. Oleh sebab itu perlu diadakan bimbingan konseling supaya problematika gangguan kecemasan siswa bisa teratasi dan ion positif pada diri siswa bisa muncul melalui bimbingan konseling sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan problematika gangguan kecemasan, dan upaya penanganan yang dilakukan bimbingan konseling dalam mengatasi problematika kecemasan siswa agar terwujud ion positif pada siswa melalui bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, serta pengumpulan data berupa dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, problematika gangguan kecemasan siswa yaitu rasa takut, gelisah, cemas, tegang, hingga ada siswa yang mengalami insomnia. Penyebabnya antara lain adalah prilaku guru kurang bersahabat, tidak ramah, terlalu tegas, kurang berkompeten, ketatnya peraturan kedisiplinan di sekolah, broken home dan kurang perhatian, keterbatasan ekonomi, tidak tinggal dengan orang tua, serta terganggu nya fasilitas teknologi informasi, sarana dan prasarana kurang memadai, tidak adanya alat pendukung sociometry dan AUM, serta adanya keterbatasan guru BK. Kedua, upaya yang dilakukan guru BK sebagai pencegahan dalam rangka mengurangi kecemasan belajar supaya terciptanya ion positif pada diri siswa yaitu bekerjasama dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran, dan orang tua. Melakukan bimbingan dengan teknik bimbingan kelompok dan perseorangan supaya bisa memunculkan ion positif dengan menumbuhkan kepercayaan diri siswa dengan memotivasi, memberi solusi, nasehat, dan saran, sehingga siswa memperoleh hasil yang memuaskan, permasalahan perlahan bisa terselesaikan, dan perkembangan prestasi meningkat. Walaupun memiliki keterbatasan guru BK, tetapi di SMKN 1 Talang Padang bisa menumbuhkan ion positif yang memunculkan kepercayaan diri, keceriaan yang memberikan ketenangan dan mempengaruhi pikiran untuk keberhasilan yang maksimal, serta keseimbangan dalam menjalani hidup perlahan muncul dan menumbuhkan keberhasilan prestasi belajar yang meningkat. Karena ada pengaruhpositif dari beberapa siswa tersebut yang bisa merasakan ion positif tersebut melalui bimbingan konseling. Sehingga bisa menumbuhkan dan memunculkan ion positif pada dirinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Gangguan Kecemasan, Bimbingan Konseling, Siswa, Remaja
Subjects: Psikologi
Bimbingan Konseling
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Nov 2021 09:27
Last Modified: 24 Nov 2021 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum