PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK

Faat Risnuriawan, NIM.: 16600039 (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK)
16600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK)
16600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya prestasi matematika Indonesia karena kemampuan pemahaman konsep peserta didik belum terfasilitasi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan bahan ajar dan validitas LKPD dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Prosedur penelitian pengembangan (Research & Development) yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Depdiknas. Langkah-langkah penelitian ini yaitu: 1) melakukan analisis produk yanng akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, dan 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 6 Sleman tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar pedoman wawancara dan lembar penilaian LKPD. Hasil penelitian menunjukkan LKPD matematika materi bangun datar segi empat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik telah memenuhi kriteria ketercapaian valid. Valid berdasarkan penilian ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan termasuk kategori sangat baik dengan persentase keidealan 83,6%. Kesimpulan yang didapatkan adalah LKPD matematika materi bangun datar segiempat dengan pendekatan kontekstual menggunakan model pembelajaran TTW untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep peserta didik layak digunakan dan disebarluaskan untuk membantu pendidik dalam proses pembelajaran matematika materi segi empat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Utami Zuliana, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika; LKPD; Contextual Teaching and learning(CTL); learning community
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Nov 2021 10:14
Last Modified: 24 Nov 2021 10:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum