PENGELOLAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA SUKORENO KABUPATEN JEMBER (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERUKUNAN)

Mahbub Junaidi, NIM.: 19200010104 (2021) PENGELOLAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA SUKORENO KABUPATEN JEMBER (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERUKUNAN). Masters thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA SUKORENO KABUPATEN JEMBER (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERUKUNAN))
19200010104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA DI DESA SUKORENO KABUPATEN JEMBER (STUDI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERUKUNAN))
19200010104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini membahas tentang peran dari pemerintah Desa didalam mengimplementasikan kerukunan antar umat beragama. Selain itu, Peneliti juga mengkaji peran dari tokoh agama dengan mengambil lokasi didalam penelitian ini ada di Desa Sukoreno Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini setidaknya menguraikan bagaimana Pemerintah Desa mengelola keragaman Umat beragama di Desa Sukoreno, selain itu juga akan menguraikan bagaimana Peran Tokoh agama di Desa Sukoreno Kabupaten Jember dalam menjaga kerukunan umat beragama. Penelitian ini, menggunakan sebuah metode penelitian kualitatif dan sebuah Teori Tindakan Sosial dengan pendekatan studi kasus (Case Study), sehingga peneliti turun langsung ke lokasi penelitian dan bertemu dengan masyarakat terkait serta mengamati langsung kondisi yang ada di desa tersebut. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, adapun analisis terhadap data dalam penelitian ini menggunakan sebuah model yang dikemukakan oleh Miles & Huberman. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwasanya pemerintah Desa dalam mengimplementasikan kebijakannya selalu melibatkan para tokoh agama dan masyarakat serta sinergi antar perangkat desa menjadi upaya dan usaha pemerintah desa dalam menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di desa Sukoreno. Sedangkan tokoh agama dalam menjalankan perannya dengan cara menyampaikan ajaran agama yang berkaitan dengan toleransi umat beragama kepada pengikutnya. Penyampaian pemahaman keagamaan yang bersifat moderat menjadi upaya dan usaha para Tokoh agama dalam merawat dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Desa ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Peran, Implementasi Kebijakan, Pemerintah Desa, Kerukunan, Umat Beragama
Subjects: Agama (Religion)
Toleransi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Nov 2021 11:14
Last Modified: 24 Nov 2021 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum