TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI AIR MINUM ISI ULANG DI DEPOT AIR MINUM KECAMATAN BERBAH SLEMAN

Dea Ardena, NIM.: 16380078 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI AIR MINUM ISI ULANG DI DEPOT AIR MINUM KECAMATAN BERBAH SLEMAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI AIR MINUM ISI ULANG DI DEPOT AIR MINUM KECAMATAN BERBAH SLEMAN)
16380078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP TRANSAKSI JUAL BELI AIR MINUM ISI ULANG DI DEPOT AIR MINUM KECAMATAN BERBAH SLEMAN)
16380078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sejalan dengan perkembangan teknologi, banyak orang yang mendirikan depot air minum isi ulang sebagai usaha untuk melangsungkan hidup, tetapi mereka tidak memperhatikan aturan-aturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam pendirian depot air minum isi ulang. Hal ini menyebabkan hak sebagai konsumen terabaikan, banyak konsumen yang merasa dirugikan akibat pendirian depot air minum isi ulang yang tidak memenuhi persyaratan yang telah diatur pemerintah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang penyusun lakukan di Kecamatan Berbah. Penelitian ini bersifat analisis Anava (analisis of varians) dan hasil analisa sampel tersebut juga akan dibandingkan dengan standar baku mutu kualitas air minum menurut KepMenKes untuk kualitas fisik, kemudian dianalisis dari perspektif Hukum Islam, undang-undang perlindungan konsumen, dan maqashid syari’ah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan Hukum Islam pada dasarnya, segala bentuk jual beli yang mengandung penipuan, ketidak jujuran dan kecurangan, serta membahayakan pemakainya adalah dilarang, sanksi bagi pelaku adalah ta’zir, apabila terjadi pelanggaran atau pengrusakan hak, maka pemilik dapat menuntut ganti rugi atau kompensasi sesuai dengan haknya. Perlindungan hak merupakan penjabaran dari prinsip penegakan keadilan. Adanya ketetapan ini pemerintah membantu menjaga hak konsumen hingga para produsen yang akan mendirikan depot air minum isi ulang ini tetap menjaga kualitas air yang akan dikonsumsi sesuai syarat-syarat yang telah ditetapkan pemerintah, serta ketetapan ini bertujuan untuk menghindari adanya persaingan yang tidak sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Kholid Zulfa, M.Si
Uncontrolled Keywords: Jual beli, Air, Hukum Islam
Subjects: Ekonomi Syariah
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 24 Nov 2021 13:36
Last Modified: 24 Nov 2021 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum