`Afifatul `Ulya, NIM.: 21104010052 (2025) ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (ANALISIS IMPLEMENTASI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025)
21104010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penguatan karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) yang sejalan dengan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila. Sebagai mata pelajaran yang membina aspek spiritual, sosial, dan moral, PAIBP memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Di SMA Negeri 3 Yogyakarta, implementasi nilai-nilai tersebut telah dilaksanakan, namun masih ditemukan kendala seperti keterbatasan waktu, variasi pendekatan guru, dan belum optimalnya model pembelajaran berbasis karakter. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) bagaimana implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAIBP pada peserta didik kelas X, dan (2) apa saja model pembelajaran yang digunakan untuk mendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dengan guru PAIBP, peserta didik kelas X, dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta dokumentasi perangkat ajar. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila dilakukan melalui aktivitas seperti tadarus, diskusi, kerja kelompok, dan pembiasaan sikap religius. Model pembelajaran yang digunakan adalah Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL), yang mendukung penguatan karakter seperti tanggung jawab, gotong royong, dan kemandirian.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs. H. Radino, M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Budi Pekerti, Model Pembelajaran |
| Subjects: | 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 24 Nov 2021 14:51 |
| Last Modified: | 08 Aug 2025 13:45 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47149 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
