AKTIVITAS DAKWAH IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) DI KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG

Aniek Kusumaningrum, NIM. 01210433 (2005) AKTIVITAS DAKWAH IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) DI KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKTIVITAS DAKWAH IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) DI KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG)
01210433_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKTIVITAS DAKWAH IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA (IPPNU) DI KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG)
01210433_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

IPNU-IPPNU sebagai salab satu unit kepengurusan Pimpinan Anak Cabang ikut bertanggung jawab terhadap aktivitas dakwah Islam yang ada di masyarakat kecamatan Ngluwar. Berupaya maksimal mendakwabkan ajaran Islam di lingkungan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, melalui berbagai bentuk kegiatan dakwah bil-lissan diantaranya adalab diskusi remaja, peringatan hari besar Islam ( PHBI ), do'a bersama, dan parade seni sholawat rebana. Sementara bentuk kegiatan dakwab bil-hal dengan proaktif ikut mengelola zakat, menangani hewan kurban, bazar ( bakti sosial ), sholat tarawih keliling serta berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan ritual keagamaan seperti ziarah dan tahlilan. Secara global dapat penulis simpulkan, bahwa aktivitas dakwab berjalan relatif sesuai dengan program kerja dan cita-cita oleh IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngluwar, yakni terwujudnya lingkungan yang lindasi keimanan dalam sebuah tatanan kehidupan yang dijiwai oleh ajaran Islam. Berdasarkan uraian yang telah penulis kemukakan pada bab-bab terdabulu, baik yang menyangkut teori maupun penyajian data yang diangkat dari hasil penelitian serta analisis data, maka penulis dapat mengambil kesimpulan babwa sesuai dengan kedudukaannya sebagai pengelola kegiatan akwah di masyarakat IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngluwar dalam dakwah Islam telah melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, terbukti telah dilaksanakannya berbagai kegiatan untuk menyampaikan ajaran Islam dan membimbing masyarakat dalam kehidupan keberagamaannya. Diantara aktivitas dakwah IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngluwar adalah dalam bentuk dakwah bil-lisan yang meliputi diskusi remaja, peringatan hari besar Islam ( PHBI ), do'a bersama dan parade seni sholawat rebana. Sedangkan dalam bentuk dakwah bil-hal meliputi pengelolaan zakat fitrah, pengelolaan hewan kurban, bazar ( bakti sosial ), sholat tarawih keliling, serta berpartisipasi dalam kegiatan ritual keagamaan seperti ziarah dan tahlilan. Sistem dakwah yang dilaksanakan IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngluwar telah mencapai tujuan yang diharapkan, walaupun disana-sini masih terdapat kelemahan. Hal ini terbukti dengan para anggota yang mengikuti kegiatan yang diadakan rata-rata mempunyai motivasi kesadaran diri dan materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan dapat difahami. Tercapainya tujuan dakwah IPNU-IPPNU Anak Cabang Ngluwar tidak lepas dari kerja keras para pengurus dan anggotanya serta dukungan dari semua pihak baik itu pemerintahan kecamatan Ngluwar, majelis wakil cabang Nahdhatul 'Ulama ( MWCNU ), dan semua warga NU sekecamatan Ngluwar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abd. Rahman M, l'v!H
Uncontrolled Keywords: Dakwah , Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)
Subjects: DAKWAH ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Nov 2021 15:25
Last Modified: 25 Nov 2021 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum