KONSEP ISLAM WASATHIYYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KELAS XI (ANALISIS BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB)

Atiqul Bariroh, NIM : 16410043 (2021) KONSEP ISLAM WASATHIYYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KELAS XI (ANALISIS BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP ISLAM WASATHIYYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KELAS XI (ANALISIS BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB))
16410043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP ISLAM WASATHIYYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI KELAS XI (ANALISIS BUKU WASATHIYYAH: WAWASAN ISLAM TENTANG MODERASI BERAGAMA KARYA M. QURAISH SHIHAB))
16410043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang adanya penelitian ini ialah hasil survei dari PPIM UIN Jakarta pada 2017 lalu mengenai tumbuhnya paham intoleran dan radikalisme di lingkungan pendidikan yang dibuktikan dengan berita adanya peraturan sekolah yang mewajibkan seluruh siswi di SMK Negeri 2 Padang memakai jilbab (termasuk non-muslim). Sosok M. Quraish Shihab sebagai tokoh agama dan mufassir moderat menjadi alasan penulis untuk mengkaji pemikirannya. Dari latar belakang tersebut penulis akan melakukan penelitian tentang “Konsep Islam Wasathiyyah menurut M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Materi PAI kelas XI di buku PAI dan Budi Pekerti (BP) dari Kemenag revisi 2019 (Analisis buku Wasathiyyah: wawasan Islam tentang Moderasi Beragama karya M. Quraish Shihab). Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui konsep Islam Wasathiyyah Quraish Shihab dan menemukan relevansinya dengan materi PAI kelas XI. Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan interpretatif dan deskriptif. Metode pengumpulan data memakai metode dokumentasi, lalu data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep Islam Wasathiyyah menurut M. Quraish Shihab merupakan keseimbangan dalam segala persoalan hidup duniawi dan ukhrawi, yang selalu harus disertai upaya menyesuaikan diri dengan situasi yang dihadapi berdasarkan petunjuk agama dan kondisi objektif yang sedang dialami. Nilai-nilai yang terkandung dalam konsep Islam Wasathiyyah menurut beliau ialah ilmu pengetahuan, keadilan, keseimbangan, kebaikan, serta toleran. Wasathiyyah bukanlah produk jadi untuk umat Islam, sehingga pada penerapannya membutuhkan usaha yaitu: jihad, ijtihad, dan mujahadah. (2) Relevansi konsep Islam Wasathiyyah menurut M. Quraish Shihab dengan materi PAI di buku PAI dan BP kelas XI dari Kemenag Revisi 2019 terletak pada prinsip dasar dalam menyampaikan wawasan, yaitu sama-sama berfokus pada Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Konsep Islam Wasathiyyah berusaha menghadirkan Islam yang adil dan seimbang antara urusan duniawi dan ukhrawi, mampu menjawab persoalan zaman dengan berlandaskan pada ajaran Islam yang komprehensif, serta berorientasi terciptanya perdamaian dalam perbedaan. Materi PAI dan BP kelas XI pada buku dari Kemenag revisi 2019 ini berusaha memenuhi kebutuhan pengetahuan siswa sesuai KD yang telah diatur dengan tetap memasukkan nilai-nilai kemoderasian dalam penjelasannya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A
Uncontrolled Keywords: Islam Wasathiyyah, Quraish Shihab, materi PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 12:58
Last Modified: 25 Nov 2021 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum