IMPLEMENTASI KITAB JURUMIYAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU SANTRI MARHALAH 2 PONDOK PESANTREN AL IHYA KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Tafsirul Anam Al Asna, NIM.: 17104020083 (2021) IMPLEMENTASI KITAB JURUMIYAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU SANTRI MARHALAH 2 PONDOK PESANTREN AL IHYA KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KITAB JURUMIYAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU SANTRI MARHALAH 2 PONDOK PESANTREN AL IHYA KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KITAB JURUMIYAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU SANTRI MARHALAH 2 PONDOK PESANTREN AL IHYA KALIREJO LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa ilmu Nahwu salah satu ilmu yang menjadi dasar dalam menafsirkan Al Qur’an dan kitab-kitab yang menjadi sumber hukum Islam. Salah satu kitab yang berisi kaidah-kaidah ilmu Nahwu, yaitu kitab Jurumiyah. Kitab Jurumiyah biasanya diajarkan di lembaga-lembaga pendidikan Islam, seperti Pondok Pesantren. Implementasi kitab Jurumiyah dalam proses pembelajaran di Pondok Pesantren belum cukup membantu Santri dalam memahami kaidah-kaidah ilmu Nahwu dengan baik dan benar. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya penelitian mengenai impelmentasi kitab Jurumiyah untuk meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri. Dalam penelitian ini akan dibahas implementasi kitab Jurumiyah untuk meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri Marhalah 2 Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini, yaitu implementasi kitab Jurumiyah dan bagaimana tingkat pemahaman Santri Marhalah 2 di Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo terhadap ilmu Nahwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis mengenai proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi implementasi kitab Jurumiyah untuk meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri Marhalah 2 di Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai tolak ukur bagi guru dan Pondok Pesantren sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan dari implementasi kitab Jurumiyah untuk menigkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo, Lampung Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan deskripsi terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Dalam proses pembelajaran implementasi kitab Jurumiyah untuk meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri Marhalah 2 Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo menggunakan metode pembelajaran metode Bandongan dan Tanya Jawab. 2) Hasil evalusi menyatakan, rata-rata nilai Nahwu SantriMarhalah 2 Kalirejo meningkat. Sehingga implementasi kitab Jurumiyah yang ada di Pondok Pesantren Al Ihya dapat meningkatkan pemahaman ilmu Nahwu Santri Marhalah 2. Menurut taksonomi Bloom pada ranah kognitif, kemampuan Santri Marhalah 2 Pondok Pesantren Al Ihya Kalirejo telah memenuhi aspek kedua, yaitu aspek memahami yang berarti Santri dapat menjelaskan kembali materi Nahwu yang sudah dijelaskan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd.I, M.SI,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kitab Jurumiyah, Ilmu NahwuImplementasi, Kitab Jurumiyah, Ilmu Nahwu
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:42
Last Modified: 25 Nov 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47191

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum