STRATEGI STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI BAGI KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PALOH PACIRAN LAMONGAN

Nur Rezany Octaviyah, NIM.: 17104030012 (2021) STRATEGI STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI BAGI KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PALOH PACIRAN LAMONGAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI BAGI KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PALOH PACIRAN LAMONGAN)
17104030012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI STIMULASI PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI BAGI KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA PALOH PACIRAN LAMONGAN)
17104030012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan anak single parent merupakan anak sebuah keluarga yang hanya memiliki orang tua tunggal yang dapat memicu serangkaian masalah khusus. Dalam keluarga tersebut ada semacam kekhawatiran yang mana orangtua tunggal tersebut harus bekerja sekaligus membesarkan anaknya dan diharuskan bisa memenuhi kebutuhan kasih sayang dan juga keuangan. Pemberian stimulasi menjadi salah satu solusi yang penting untuk mengatasi dampak buruk bagi perkembangan dan pendidikan seorang anak. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian strategi stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini bagi keluarga single parent dan apa saja faktor pendukung dan penghambat stimulasi perkembangan sosial emosional tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan pada datanya dilakukan dengan mengadakan observasi secara langsung, wawancara semi berstruktur, dan dokumentasi. Analisis pada data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi stimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini bagi keluarga single parent adalah memberikan contoh dan pengertian yang baik, menanggapi dan memahami perasaan yang dialami anak untuk mendorong pada perkembangan sosial emosional anak dan keduanya memiliki kesamaan dalam melakukan komunikasi dengan anaknya dalam mengambil sebuah keputusan. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional anak usia dini bagi keluarga single parent sebagai berikut: a) faktor pendukung dalam menstimulasi perkembangan sosial emosional yaitu lingkungan keluarga yang cukup baik, sosial ekonomi yang baik, sikap dan kebiasaan orang tua yang baik, pendidikan orang tua, memberikan kesempatan kepada anak untuk memilih dan mengaktuaisasikan kegemarannya dan memberikan perhatian kepada anak disaat ada waktu senggang. b) faktor penghambat dalam perkembangan sosial yaitu keduanya mengacu pada ketidak utuhan keluarga, faktor dari luar rumah yang tidak baik, anak menjadi penakut, pemalu dan rendah diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ichsan.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Stimulasi Orang Tua, Single Parent, Perkembangan Sosial, Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 13:51
Last Modified: 25 Nov 2021 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum