UPAYA ORANG TUA MENGATASI KEMALASAN ANAK DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN

Sri Tia Rachmawati, NIM.: 17104030044 (2021) UPAYA ORANG TUA MENGATASI KEMALASAN ANAK DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA ORANG TUA MENGATASI KEMALASAN ANAK DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN)
17104030044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA ORANG TUA MENGATASI KEMALASAN ANAK DALAM BELAJAR DARI RUMAH (BDR) PADA KELOMPOK A DI TK ISLAM BAKTI 1 KALASAN)
17104030044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya pandemi Covid-19 yang menyebabkan tatanan pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan di sekolah untuk sementara dilaksanakan di rumah masing-masing. Pelaksanaan kegiatan belajar di rumah semakin lama semakin membuat anak merasa malas dalam belajar. Dalam hal ini, orang tua diharapkan turut terlibat penuh dalam mengatasi kemalasan anak dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kemalasan belajar yang ditampilkan anak, faktor-faktor yang menjadi penyebab kemalasan anak dalam belajar dari rumah, dan upaya orang tua dalam mengatasi kemalasan anak dalam belajar dari rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di TK Islam Bakti 1 Kalasan, subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, orang tua, dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat tiga bentuk kemalasan belajar yang ditampilkan anak saat BDR pada Kelompok A TK Islam Bakti 1 Kalasan yaitu anak menjadi memberontak, mengerjakan tugas sesukanya dan menunda dalam mengerjakan tugas (2) Faktor-faktor yang menjadi penyebab kemalasan anak dalam BDR yaitu tidak adanya teman yang membuat anak menjadi merasa kesepian dan tidak bersemangat, kelelahan fisik, penggunaan gadget yang berlebihan, serta berlebihan dalam menonton televisi (3) Upaya orang tua dalam mengatasi kemalasan BDR pada anak yaitu dengan membuat peraturan belajar berdasarkan kesepakatan orang tua dan anak, pemberian reward, dan membangun komunikasi yang baik antara orang tua dan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rohinah, S.Pd.I., M.A
Uncontrolled Keywords: Upaya Orang Tua, Kemalasan Belajar, Belajar dari Rumah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:00
Last Modified: 25 Nov 2021 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47195

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum