PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA

Risky Noor Rahmawati, NIM.: 17104030069 (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA)
17104030069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI MASA PANDEMI COVID 19 DI TK ASIAH KALIBAYEM YOGYAKARTA)
17104030069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Peran orang tua sangatlah penting dan dibutuhkan untuk membantu berjalannya kegiatan pembelajaran. Terutama dimasa pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan menyebabkan kegiatan sekolah dilaksanakan di rumah. Penelitian ini pertama bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak usia dini selama pandemi Covid-19. Kedua untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung orang tua ketika mendampingi anak mengerjakan tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif metode studi kasus. Lokasi penelitian di TK Asiah Kalibayem Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini ada 8 reponden meliputi: 1 kepala sekolah, 1 guru, 3 wali murid, dan 3 anak didik TK Asiah Kalibayem Yogyakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis dari data penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pertama, peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak usia dini masa pandemi Covid-19 yaitu orang tua berperan sebagai guru, orang tua sebagai motivator, orang tua sebagai fasilitator, dan orang tua sebagai director atau pengarah. Orang tua memerankan empat peran tersebut namun, pada kenyataannya masih terdapat kekurangan dan kesulitan yang dialami saat mendampingi proses pembelajaran di rumah. Kedua, faktor penghambat dan pendukung saat mendampingi anak belajar. Faktor penghambat yaitu suasana hati orang tua yang tidak menentu setelah bekerja, kesibukan orang tua, kurangnya kesabaran, kesulitan dalam menumbuhkan minat belajar anak, kondisi lingkungan, jumlah keluarga, dan biaya. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kesabaran, partisipasi anak, kemitraan terjalin baik, materil/ biaya, dan semangat pemahaman orang tua tentang pentingnya pendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran, Peran Orang Tua
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:12
Last Modified: 25 Nov 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum