PERAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS 3 SD NEGERI GIWANGAN DI MASA PANDEMI COVID 19.

Gismina Tri Rahmayati, NIM.: 17104080012 (2021) PERAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS 3 SD NEGERI GIWANGAN DI MASA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS 3 SD NEGERI GIWANGAN DI MASA PANDEMI COVID 19.)
17104080012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PENDAMPING KHUSUS DALAM PROSES PEMBELAJARAN ANAK TUNAGRAHITA KELAS 3 SD NEGERI GIWANGAN DI MASA PANDEMI COVID 19.)
17104080012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di masa pandemi covid 19 membuat seluruh aktivitas dilaksanakan dari rumah. Termasuk proses pembelajaran di SD Negeri Giwangan. Pembelajaran dilaksanakan secara daring. SD negeri Giwangan yang merupakan salah satu sekolah penyelenggara inklusi sekolah bagi peserta didik pada umumnya dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Salah satunya, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan golongan anak tunagrahita memperoleh dampak pembelajaran yang hanya bisa dilaksanakan dari rumah. Dengan kondisi saat ini peran Guru Pendamping Khusus (GPK) harus dapat mempersiapkan pembelajaran yang dapat dilaksanakan di masa pandemi covid 19 ini. adapaun permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peran Guru Pendamping Khusus (GPK) dalam proses pembelajaran anak tunagrahita kelas 3 SD Negeri Giwangan Di Masa Pandemi Covid 19, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran anak tunagrahita kelas 3 SD Negeri Giwangan Di Masa Pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang digunakan dengan desain penelitian lapangan atau secara langsung. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, Guru Pendamping Khusus (GPK), guru kelas, dan guru les anak tunagrahita. Pengumpulan data dilakukan mealui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Pendamping Khusus (GPK) mempunyai peran sebagai guru pendamping sekaligus guru mata pelajaran bersama dengan guru kelas dalam proses pembelajaran matematika, Bahasa Indonesia, dan agama anak tunagrahita kelas 3 SD Negeri Giwangan di masa pandemi covid 19 yang dilaksanakan dengan sistem kunjung kerumah anak tersebut. Selain itu Guru Pendamping Khusus (GPK) berperan sebagai fasilitator, motivator, dan mediator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Guru Pendamping Khusus, Pendampingan anak tunagrahita.
Subjects: Covid-19
DISABILITAS
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:31
Last Modified: 25 Nov 2021 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum