PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN

Afidatul Aliyah, NIM.: 17104080020 (2021) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN. Skripsi thesis, SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN)
17104080020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING VIA GOOGLE CLASSROOM MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH MBS PRAMBANAN)
17104080020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring akibat wabah Covid-19 mengakibatkan menurunnya hasil belajar IPA dikarenakan pembelajaran yang kurang menarik dan kurangnya motivasi belajar siswa.Seorang guru harus kreatif dalam memilih media dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa itu sendiri.Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Google Claasroom.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan bagaimanakah penerapan pembelajaran daring via Google Classroom mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah MBS Prambanan, (2) menjelaskan apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran daring via Google Classroom mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode Mixed methods dengan model sequential dengan menggunakan pendekatan explanatory.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B dan IV C SD Muhammadiyah MBS Prambanan.Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple random sampling).Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa : (1) penerapan Google Classroom sangat membantu dalam proses pembelajaran daring masa pandemic Covid-19 sekarang ini, adapun dengan menggunakan aplikasi Google Classroom ini guru bisa memantau kegiatan-kegiatan belajar siswa, seperti absen, penjelasan materi dan pengiriman tugas-tugas yang diberikan.(2) terdapat pengaruh motivasi belajar via Google Classroom terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah MBS Prambanan sebesar 19 % artinya jika semakin tinggi motivasi belajar siswa maka akan semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.Motivasi belajar yang baik mempengaruhi hasil belajar, dimana dengan motivasi belajar tersebut membuktikan bahwa siswa tersebut mempunyai hasil belajar yang lebih baik serta penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Siti Fatonah, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:35
Last Modified: 25 Nov 2021 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum