PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI KONEKSI MATEMATIS MATERI PRISMA DAN LIMAS

Nandalita Setiawan, NIM. 16600017 (2021) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI KONEKSI MATEMATIS MATERI PRISMA DAN LIMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI KONEKSI MATEMATIS MATERI PRISMA DAN LIMAS)
16600017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) BERBASIS MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MEMFASILITASI KONEKSI MATEMATIS MATERI PRISMA DAN LIMAS)
16600017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Learning Cycle 5E untuk memfasilitasi koneksi matematis materi prisma dan limas yang valid. Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Learning Cycle 5E untuk memfasilitasi koneksi matematis materi prisma dan limas yang disusun terdiri dari petikan silabus, RPP, LKPD, media pembelajaran dan instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model PPE (Planning, Production, Evaluation). Sumber data dalam penelitian ini adalah validator ahli yang terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika dan 1 pendidik matematika di sekolah. Data dalam penelitian ini diperoleh dari lembar skala penilaian Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Learning Cycle 5E untuk memfasilitasi koneksi matematika materi prisma dan limas. Lembar skala penilaian SSP berupa lembar checklist yang mencangkup aspek-aspek peniaian serta deskripsinya. Hasil lembar skala penilaian SSP dari validator ahli menjadi acuan utnuk menentukan kualitas SSP yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan tiga tahapan pengembangan. Tahap pertama yaitu, tahap planning (perencanaan) yang meliputi analisis, penyusunan peta kebutuhan SSP, penyusunan kerangka SSP, melengkapi unsur- unsur SSP, menyusun instrument peniaian. Tahap kedua yaitu, production (produksi) yang meliputi pra penulisan SSP dan penulisan draft SSP. Tahap ketiga yaitu evaluation (evaluasi) yang meliputi pengujian dan penilaian kelayakan produk SSP oleh validator ahli. meliputi produk Subject Specific Pedagogy (SSP) berbasis model Learning Cycle 5E untuk memfasilitasi koneksi matematis materi prisma dan limas tergolong dalam kategori sangat baik dengan spesifikasi skor penilaian validator sebesar 182,67 dari skor maksimal 200. Berdasarkan hal ini, produk SSP dinyatakan valid dan layak digunakan untuk ujicoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Subject Specific Pedagogy (SSP), Learning Cycle 5E, Koneksi matematis
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:10
Last Modified: 25 Nov 2021 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum