MEDIA AUDIO DILENGKAPI DENGAN BUKU PENDAMPING BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI

NINDI TRESNANI, NIM. 16600047 (2021) MEDIA AUDIO DILENGKAPI DENGAN BUKU PENDAMPING BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA AUDIO DILENGKAPI DENGAN BUKU PENDAMPING BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI)
16600047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MEDIA AUDIO DILENGKAPI DENGAN BUKU PENDAMPING BRAILLE UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI)
16600047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya sumber belajar matematika yang dapat diakses secara mandiri oleh siswa difabel netra di sekolah inklusi. Dengan keadaan yang seperti itu, diperlukan adanya media yang dapat memudahkan siswa difabel netra untuk belajar materi trigonometri secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio dan buku pendamping braille materi trigonometri yang layak, serta mengetahui tanggapan dan respon siswa difabel netra terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan(Research and Development) yang menggunakan model pengembangan 4D yang terbatas pada 3D(define, design, develop). Produk pengembangan diuji validitasnya oleh 3 ahli untuk mengetahui kelayakan produk, serta ditanggapi dan direspon oleh 4 siswa difabel netra yang bersekolah di sekolah inklusi. Instrumen yang digunakan berupa instrumen angket validitas produk dan angket respon siswa difabel netra. Produk penelitian pengembangan berupa media audio yang disimpan dalam format MP3 serta buku pendamping braille trigonometri yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa difabel netra. Hasil validasi 3 ahli mendapatkan skor rata-rata 133 untuk media audio dan 100,3 untuk buku pendamping braille dari skor maksimal 150 dan 110 dengan kriteria validitas sangat valid. Sedangkan respon 4 siswa difabel netra terhadap media audio dan buku pendamping braille yang dikembangkan masing-masing 15 dan 10,5 dari skor maksimal 16 dan 12 dengan kriteria respon sangat baik. Dari hasil validasi ahli dan respon siswa, dapat disimpulkan bahwa produk media audio dan buku pendamping braille trigonometri layak dan dapat digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa difabel netra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: media audio, buku pendamping braille, siswa difabel netra
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Nov 2021 14:14
Last Modified: 25 Nov 2021 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47210

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum