EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)” PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Alvi Hasanatul Haabibah, NIM.: 17104080049 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)” PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)” PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR)
17104080049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN “PROBLEM SOLVING BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)” PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR)
17104080049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Permasalah yang dikaji pada penelitian ini yaitu: apakah penggunaan model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi sifat-sifat cahaya efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran “Problem Solving” berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah dengan Quasi Experiment dengan non-Equivalent Control Group Design. Variabel penelitian ini yaitu terdapat variabel bebas dan varabel terikat. Variabel bebas yaitu Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis pesertaa didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Donorejo dan peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Donorejo. Sampel pada penelitian ini yaitu semua populasi penelitian. Kelas IV SD Negeri 1 Donorejo sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kelas IV SD Negeri 3 Donorejo sebagai kelas kontrol dengan perlakuan model Konventional. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Independent Samples test dan Uji N-Gain Score. Analisis data dibantu dengan sofware SPSS versi 20.0 dan Microssoft Excel. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara dengan guru dan peserta didik, soal Pre-Test dan Post-Test kemampuan berpikir kritis, RPP Problem Solving dan RPP Konventional, LKS, buku tematik dan LKPD. Wawancara dilakukan untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Solving berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada materi sifat-sifat cahaya efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Izzatin Kamala, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; Konsep; Belajar; Keterampilan Berpikir
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Dec 2021 14:45
Last Modified: 07 Dec 2021 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47223

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum