PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19

Ayu Prima Pravitasari, NIM.: 17104080054 (2021) PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19)
17104080054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD N PAYUNGAN MASA PANDEMI COVID-19)
17104080054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu perlunya mempelajari matematika sejak sekolah dasar. Masa pandemi covid-19 membuat SD N Payungan harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh yang tentunya membutuhkan media komunikasi yang dapat digunakan selama pembelajaran. Oleh karena itu SD N Payungan memanfaatkan aplikasi whatsapp yang digunakan sebagai media komunikasi selama pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pemanfaatan aplikasi whatsapp yang digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika kelas IV SD N Payungan masa pandemi covid-19, (2) bagaimana kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan aplikasi whatsapp yang digunakan untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika kelas IV SD N Payungan masa pandemi covid-19 dan cara mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder, dimana data primer berupa hasil dari wawancara dan observasi yang dilakukan dan data sekunder berupa dokumentasi dari kegiatan penelitian. Teknik pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD N Payungan dapat memanfaatkan aplikasi whatsapp untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mata pelajaran matematika di kelas IV B dengan memanfaatkan whatsapp sebagai media komunikasi antara guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Whatsapp dianggap sangat memudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, whatsapp dimanfaatkan untuk berbagi pesan terkait pembelajaran matematika yaitu penyampaian materi hingga penugasan. Selain itu whatsapp juga dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan pembelajaran matematika, hingga dapat memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia di whatsapp untuk menyampaikan pembelajaran secara bervariasi. Akan tetapi masih ada kendala dalam pemanfaataan aplikasi whatsapp tersebut yaitu harus selalu terhubungnya dengan internet agar dapat menerima pesan masuk dan dibutuhkannya ruang penyimpanan untuk menyimpan file yang dikirim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: pendidikan; distance education; media komunikasi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 26 Nov 2021 10:35
Last Modified: 26 Nov 2021 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/47227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum